Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Soppeng
Abstract
Keywords
References
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89–98.
Hakiki M. & Fadli R. (2020). Pengaruh Metode Creative Problem Solving (CPS) Model Treefinger Terhadap Hasil Belajar Perakitan Komputer Pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMKN 1 Rao Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 1-8.
Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hapriani, N. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Berbantuan LKS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA Karya Wisata Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 1(2), 183–194.
Hartiwi & Amelia. (2022). The Creative Problem Solving (CPS) Learning Model Effect on Students’ Mathematics Learning Results at Junior High Schools of Dumai City. Mathematics Research and Education Journal, 6(1), 21-30.
Mbembok, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 25-32.
Nurjannah, R., & Taali, T. (2021). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving di SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 65-69.
Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 27.
Risnawati, R., & Saadi, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Larutan Penyangga. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 127–134.
Risna, dkk. (2017). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 131-142.
Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriati, Tika. (2022). Pengaruh Model Creative Problem Solving Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(2), 157-164.
Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91-98.
Wansaubun, W. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 3(2), 220-226.
Wardani, K.S.K. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inquiry Laboratorium Bermuatan Content Local Genius untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 230-239.
Wena, Made. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Wisela, A. Y., Sahidu, H., & Ayub, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), 27-31.
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.17513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anas Arfandi, Sri Wulandari, Muhammad Nasir Malik, Muhammad Agung, Abdul Muis Mappalotteng
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.