Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Soppeng

Anas Arfandi, Sri Wulandari, Muhammad Nasir Malik, Muhammad Agung, Abdul Muis Mappalotteng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu One group pretest-posttest design dengan jumlah sampel 30 siswa. Pengambilan data melalui tes hasil belajar dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng dengan tingkat kepercayaan 95%, dibuktikan dengan nilai t hitung 11.907 > t tabel 2.045. Dimana yang berpengaruh secara signifikan yaitu pada materi pokok menu interaksi antar muka pada aplikasi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng.

Keywords


Creative Problem Solving; Learning Achievement; SMK

Full Text:

PDF PDF

References


Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89–98.

Hakiki M. & Fadli R. (2020). Pengaruh Metode Creative Problem Solving (CPS) Model Treefinger Terhadap Hasil Belajar Perakitan Komputer Pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMKN 1 Rao Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 1-8.

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hapriani, N. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Berbantuan LKS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA Karya Wisata Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 1(2), 183–194.

Hartiwi & Amelia. (2022). The Creative Problem Solving (CPS) Learning Model Effect on Students’ Mathematics Learning Results at Junior High Schools of Dumai City. Mathematics Research and Education Journal, 6(1), 21-30.

Mbembok, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 25-32.

Nurjannah, R., & Taali, T. (2021). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving di SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 65-69.

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 27.

Risnawati, R., & Saadi, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Larutan Penyangga. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 127–134.

Risna, dkk. (2017). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 131-142.

Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriati, Tika. (2022). Pengaruh Model Creative Problem Solving Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(2), 157-164.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91-98.

Wansaubun, W. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 3(2), 220-226.

Wardani, K.S.K. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inquiry Laboratorium Bermuatan Content Local Genius untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 230-239.

Wena, Made. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Wisela, A. Y., Sahidu, H., & Ayub, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), 27-31.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.17513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anas Arfandi, Sri Wulandari, Muhammad Nasir Malik, Muhammad Agung, Abdul Muis Mappalotteng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License