ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN INFORMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI

puji rahayuningsih

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui letak kesalahan mahasiswa Pendidikan Informatika dalam menyelesaikan soal fungsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada bagaimana kesalahan yang dilakukan mahasiswa pendidikan informatika dalam menyelesaikan soal fungsi dan berusaha mengidentifikasinya. Dari hasil penelitiaan dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek kesatu yaitu pemahaman konsep tergolong tinggi dengan presentase 65, 64%. Dengan rata –rata kesalahan dalam menentukan prasyarat agar fungsi tersebut terdefinisi. 2) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek dua yaitu pengambilan langkah penyelesaian tergolong tinggi dengan presentase 70, 54%. Dengan rata – rata kesalahan dalam penggunaan tanda penghubung pada penyelesaian masalah. 3) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek ketiga yaitu pengoperasian tergolong tinggi dengan presentase 79, 07%. Dengan rata – rata kesalahan dalam memfaktorkan, mengkuadratkan fungsi aljabar, mengoperasikan tanda “+” dengan “-“ atau antara “-“ dengan “-“, dan juga menentukan daerah positif maupun negatif pada garis bilangan, dan 4) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek keempat yaitu penarikan kesimpulan / hasil akhir tergolong sangat tinggi dengan presentase 89, 15%. Dengan rata – rata kesalahan menggabungkan antara hasil perhitungan dengan prasyarat - prasyarat yang harus dipertimbangkan sebelumnya agar fungsi tersebut terdefinisi.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v2i1.1559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License