Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Smk Antartika 1 Sidoarjo

Akbar Wiguna

Abstract


Penelitian dikembangkan bertujuan untuk menguji bagaimana pengembangan dan kelayakan instrumen pembelajaran Adobe Flash pada mata pelajaran Komputer dan jaringan dasar. Jenis pengembangan ini adalah penelitian R and D dan Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Antartika 1 Sidoarjo. Hasil validasi media ditunjukan oleh validasi score oleh ahli media dan ahli materi sejumlah 92% yang dikategorikan “Sangat Layak” untuk di aplikasikan kepada siswa. Dari penelitian pengembangan tersebut dapat dipastikan bahwa instrumen pembelajaran berdasar Adobe Flash Mata Pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Antartika 1 Sidoarjo diakui sangat layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Arief.s, S., Raharjo, R., Haryono Anung, & Harjito. (2018). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatanya (18th ed.). P.T Raja Gravindo Persada.

Anam, Khairil., Choifin Muhammad. (2017). Implementasi Model Four-D (4D) Untuk Pembelajaran Aplikasi Multiplatform Penggolongan Hewan Berdasarkan Makananya (Studi Kasus Smp Negeri 1 Bluto).

Arsyad Azhar. (2020). Media Pembelajaran (Rahman Asfah (ed.); 22nd ed.). P.T Raja Gravindo Persada.

Bachtiar, Harsja. (2018). Media Pendidikan.Rancang Bangun DepokPT. Raja Grafindo Persada

Farida Hasan Rahmaibu, F. A. F. D. P. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.

Mustarin, A., Arifyansah, R., & Rais, M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Atph Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di Smkn 4 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(1).

Mustarin Aminah, Arifyansah Rahmat, Rais Muh (2019). Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flahs Cs6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Atph Pada, Ata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di Smkn 4 Jeneponto

Pradipta Kadek Aditya, Ariawan Udi Ketut, sutaya Wayan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirauusahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas XI Mips Ds Nips Di SMA Negeri 3 Singaraja.

Rasto. (2012). Tinjauan Pustaka: Pendidikan kejuruan. 1–21.

Sanjaya wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan (1sted.). Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (ke 19). ALFABETA.

Syaodih Nana, S. (2011). Metodelogi penelitian pedidikan (7th ed.). Remaja Rosdakarya. Umar, T.,

& La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan (2nd ed.). P.T RINEKA CIPTA.

Wulansari, Bekti. (2019). Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash.

Yusuf, A. M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Mata Kuliah Fisika Modern Materi Radiasi Benda Hitam

Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran yang banyak dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran. 2015(April), 57–71.

Ahmad Ilham Rosyidi, S. C. W. (2017). Pengembangan

Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smk Mahardhika Surabaya Ahmad. 2, 119–125.

Akhmadi, L., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2019).

Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D. 3(4), 3874–3879

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya

Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ika Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis

Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh

Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Koesnandar, A. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis

Web. [Online] tersedia: http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-bahan-ajar-menurutahli.html/diakses:10-09-2020

Rukoyatun. (2018). Sumber Belajar Dasar Desain Grafis

Kelas X Smk Negeri 9 Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiah Jakarta, 1, 1–12.

Titi Werdiningsih (2016). Pengembangan Modul Interaktif

Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Teknik Animasi 2d Kelas XI MM Di Smkn 1 Bantul. 7(2), 1–16.

Tri Wiyoko, Sarwanto, D. T. R. P. (2014). Pengembangan

Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif Untuk Kelas XI SMA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tri. Journal of




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v8i2.14654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License