Pengembangan Virtual Class Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring
Abstract
Pembelajaran harus tetap berlangsung, walaupun terjadi bencana pandemic yang menjadikan pemerintah menerapakan pembatasan tatap muka pada dunia pendidikan. Solusi yang dianggap tepat adalah pembelajaran daring yang dilakukan seara virtual memalui aplikasi virtual yang tersedia. Pada rumusan masalah penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran daring menggunakan Virtual Class untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa pada perkuliahan daring di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya serta kendala-kendala yang mungkin ditemui dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan daring tersebut. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian, ialah: 1)Mengembangkan aplikasi media pembelajaran daring; 2)Meningkatkan minat belajar, berdiskusi tanya jawab, dan mengerjakan tugas pada media pembelajaran daring; 3)Melakukan identifikasi terhadap penggunaan media pembelajaran daring. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Responden merupakan dosen dan mahasiswa aktif semester gasal tahun akademik 2021/2022 dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya. Analisa kuesioner pada penggunaan media pembelajaran daring menggunakan aplikasi Virtual Class untuk dosen sebesar 92,3% sedangkan untuk mahasiswa sebesar 94,3% maka berada dalam kualifikasi sangat baik. Hasil dari peningkatan penggunaan aplikasi Virtual Class tersebut dalam perkuliahan daring dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan pedoman perkuliahan daring pada STIE Surabaya di masa pandemi Covid-19. Media pembelajaran daring yang dimiliki STIE Surabaya beralamatkan https://sties.vclass.id merupakan media pembelajaran daring yang memberikan pengalaman belajar menyenangkan, mudah, paperless dan fleksibel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1)Pelaksanaan perkuliahan pada STIE Surabaya menggunakan media pembelajaran daring aplikasi Virtual Class berjalan baik dengan kualitas produk kategori sangat baik; 2)Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran daring aplikasi Virtual Class yang dipergunakan STIE Surabaya mampu meningkatkan keaktifan perkuliahan.
Full Text:
PDFReferences
Adriyanto, A. R., Santosa, I., & Syarief, A. (2020). EVALUASI HEURISTIK SISTEM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02). https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3592
Afni, K. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.337
Priyambudi, S., & Murdani, M. H. (2020). The Development of E-Learning Model for College Students in the Industrial Era 4.0. Journal of Education and Practice, 11(31), 68–78. https://doi.org/10.7176/jep/11-31-09
Priyambudi, S., Setyowati, Y., Eka, Z., Rifayanti, T., Murdani, M. H., & Putra, U. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran daring untuk meningkatkan efektivitas belajar di perguruan tinggi surabaya. 314–328.
Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. (2021). Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya. 4, 673–682.
Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Surya, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Efront Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. 2(2). https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/345
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v8i2.13853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.