Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting keberhasilan pembelajaran. Guru sudah seharusnya dapat memaksimalkan penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan hasil belajar dengan perlakuan model pembelajaran discovery learning pada materi statistika kelas IV SD Negeri Ciapus 02 Bogor. Metode yang digunakan quasi eksperimen, dengan memberikan perlakuan pada salah satu kelas. Prosedur pengumpulan data yaitu melalui tes berupa soal pretest dan posttest. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning sebesar 34,29 persen dilihat dari perbandingan ketuntasan hasil belajar antara model pembelajaran discovery learning 88,57 persen dan model pembelajaran konvensional 54,28 persen. Hal tersebut juga ditunjukkan oleh hasil thitung sebesar 2,1126 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9959, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Ciapus 02 Bogor.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, I.M., Riswandi, R., dan Sabdaningtyas, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal Pedagogi, 3(7). https://jurnal.fkip.unp.ac.id (Diakses pada tanggal 08 Juli 2019).
Arindah, A., (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA, 3(2). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id (Diakses pada tanggal 16 Desember 2019).
Kristin, Firosalia dan Dwi Rahayu. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 84-92. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/185/ (Diakses pada tanggal 16 Desember 2018)
Nordianti,P., Supriyadi, S., dan Loliyana, L., (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pedagogi, 3(2). https://jurnal.fkip.unp.ac.id (Diakses pada Tanggal 08 Juli 2019)
Nurdyansyah dan Eni Fariyarul Fahyuni,. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rani, T. M., Sasmiati, S., Erni, M., Pengaruh penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pedagogik 8(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16484/ (Diakses pada tanggal 08 Juli 2019).
Saparwadi. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 42 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016. Mataram repository. http://Eprints.unram.ac.id/10207/. (Diakses pada tanggal 08 Juli 2019).
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumartini, N.N, Arcana I.N., dan Wibawa, M.C., (2014). Pengaruh Model Guide Discovery Learning TErhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa KElas V di SD Gugus VII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksha 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id (Diakses pada tanggal 08 Juli 2019)
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Tumurun, Septiani Wahyu, Diah Gusrayani dan Asep Kurnia Jayadinata. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 101-110. http://ejournal.upi.edu (Diakses pada tanggal 16 Desember 2018).
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Lina Novita -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.