Penggunaan Metode Poster Session Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita mahasiswa melalui metode Poster Session. Penelitian kuantitatif eksperimen ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini terdiri dari 80 mahasiswa dari 200 populasi mahasiswa semester IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan non tes. Instrumen tes berupa lembar penilaian keterampilan bercerita. Selain itu juga angket dan lembar observasi digunakan untuk instrumen non tes. Pengujian validitas, reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji linier, uji regresi linier sederhana, uji signifikan t, uji gain. Diolah dengan bantuan program Excel 2019. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 89,4 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol hanya 68,7 dan uji signifikasi diperoleh nilai dengan thitung sebesar 7,423 maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil angket respon mahasiswa maka rata-rata skor yang diperoleh mahasiswa 79,74 dari sekor maksimal 80, ini menunjukkan respon mahasiswa terhadap pembelajaran metode Poster Session tinggi. Sehingga menunjukkan bahwa metode Poster Session memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan bercerita mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Faturrahman, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan (Sekelumit wawasan Pengantar). Bandung : Refika Aditama
Iswati. 2012. “Penerapan Metode Pembelajaran Poster Session pada mata pelajaran MTK.” Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Kedosenan dan Pendidikan. Univ.Muhammadiyah Semarang
Kadir dan Asrohah. 2014. Pembelajaran tematik. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Kunandar. 2011.Dosen Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Dosen. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Lestari, E. 2015. “Pengaruh Pendekatan SCIENTIFIC Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Menyelesaikan Masalah Keliling Dan Luas Bangun Datar Di SDN Bancaran 3 Bangkalan.” Skripsi. Bangkalan: Fakultas Ilmu Pendidikan. Univ Trunojoyo Madura.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Rosdakarya
Sudjoko, dkk. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta : Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 agung setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.