ANALISIS BUKU SISWA KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR KELAS IV TEMA 4 “BERBAGAI PEKERJAAN” DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK

Isna Ida Mardiyana, Ade Cyntia Pritasari

Abstract


Kurikulum 2013 membawa pergeseran pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Penerapan pembelajaran tingkat sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik. Untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, keberadaan perangkat pembelajaran sangat penting. Salah satu komponen perangkat pembelajaran adalah buku ajar. Buku ajar yang digunakan siswa dalam kurikulum 2013 disebut buku siswa. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 ditunjang juga oleh kualitas isi buku yang digunakan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan saintifik dalam buku siswa kelas 4 tema 4 berbagai pekerjaan. Metode yang digunakan adalah library research. Pengumpulan dan penelaahan referensi tentang aspek-aspek pendekatan saintifik dihubungkan dengan penyajian materi secara tematik. Peneliti menganalisis data-data terkait dengan menggunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek-aspek pendekatan saintifik terdapat dalam buku siswa sehingga dapat dimunculkan selama proses pembelajaran.


Keywords


Buku Siswa; Kurikulum 2013; Pendekatan Saintifik

References


Holistic. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 158.

Anggoro, S., Sopandi, W., & Sholehuddin, M. (2017). Influence of Joyful Learning on Elementary School Students’ Attitudes Toward Science. J. Phys: Conf. Ser. 812 012001.

Atmarizon, D., & Zaim, M. (2016). The Implementation of Scientific Approach in Teaching English at the 10th Grade of Senior High School 7 Padang. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 17 (1).

Chumdari, Anitah, S., Budiyono, & Suryani, N. (2018). Implementation of Thematic Instructional Model in Elementary School. International Journal of Education Research Review, 3 (4), 23-31.

Fogarty, R. (1991). How to Integrate the Curricula. Pallatine, Illinois: IRI Skylight Publishing Inc.

Goldston, M.J., & Downey, J. (2013). Your Science Classroom: Becoming an Elementary School Science Teacher. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Halidjah, S., Sabri, T., Margiati, K.Y., & Uliyanti, E. (2018). Thematic Learning Training Based on 2013 Curriculum for Primary School Teachers. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (3), 85-91.

Kasanah & Hakim, (2019) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas II SDN 4 Kedunggebang Banyuwangi. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Masithoh, D. (2018). Teachers’ Scientific Approach Implementation in Inculcating the Students’ Scientific Attitudes. Jurnal Prima Edukasia, 6 (1), 32-43.

Marsh, C. (2004). Becoming a Teacher: Knowledge, Skills, and Issues. Frenchs Forrest: Pearson Education Australia.

Millah, D., & Syah, M.N.S. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Barongan Kudus. ELEMENTARY, 5 (2).

Niron, S.K. (2016). Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri Nirmala Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (5).

Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 45 (1), 1-15.

Nurlaela, L., Samami, M., Asto, I.G.P., & Wibawa, S.C. (2018). The Effect of Thematic Learning Model, Learning Style, and Reading Ability on the Students’ Learning Outcomes. IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 296 0102039.

Petty, G. (2014). Evidence-Based Teaching: A Practical Approach. United Kingdom: Oxford University Press.

Pujiastuti, P., Kawuryan, S. P., & Ambarwati, U. (2017). Evaluasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 1 (2), 187-199.

Sapriadil, S., Setiawan, dkk. (2018). Optimizing Students’ Scientific Communication Skills through Higher Order Thinking Virtual Laboratory (HOTVL). Journal of Physics: Conf. Ser. 1013 012050.

Settlage, J. & Southerland, S.A. 2012. Teaching Science to Every Child: Using Culture as a Starting Point. (2nd ed.). New York: Routledge.

Suyanto, S. (2018). The Implementation of the Scientific Approach through 5M of the Revised Curriculum 2013 in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 37 (1).

Yusrina, H., Yamtinah, S., & Rintayati, P. (2018). Implementation of Thematic Learning on Curriculum 2013 in 4th Grade Elementary School. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: