PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD, (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model Lee and Owens yang terdiri dari lima tahapan, yaitu; (1) Assesment/ Analysis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Analisis Kebutuhan dan Analisis Front-end; (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan memenuhi aspek kevalidan dengan nilai koefisien validasi sebesar 86,5 persen. Hasil uji coba lapangan memeroleh persentase kepraktisan produk sebesar 90 persen. Instrumen penilaian e-quiz berbasis HOTS (high order thinking skills) yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak digunakan dalam penilaian pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Sa’dun., Sriwiyana. 2011. Pengembanagn Kurikulum dan Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Cipta Media.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arnseth, H.C., & Hatlevik, O.E. 2010. Challenges in aligning pedagogical practices and pupils’ competencies with the Information Society’s demands: The case of Norway. In S. Mukerji & P.
Ghavifekr, S., Afshari, M., & Amla Salleh. 2012. Management strategies for E-Learning system as the core component of systemic change: A qualitative analysis. Life Science Journal, 9(3), 2190-2196.
Grabe, M., & Grabe, C. 2007. Integrating technology for meaningful learning (5th ed.). Boston, MA: Houghton Mifflin
Anderson, L. W. 2003. Classroom assessment: Enhanching the quality of teacher decision making. New Jersey: Lawrence Erl-baum Associates Inc.
Lee, W. & Owens, D, L. 2004. Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. United States of Amrica: John Wiley & Sonc. Inc.
Triphati (Eds.),. 2010. Cases on technological adaptability and transnational learning: Issues and challenges. Hershey: IGI global.
Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5980
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.