MONOPOLI BERBASIS BUDAYA INDONESIA SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF 2013

Dessy Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan monopoli berbasis budaya Indonesia yang layak, praktis, dan efektif sebagai media dalam pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikumpulkan, maka monopoli berbasis budaya Indonesia dinyatakan layak untuk digunakan. Ditinjau dari hasil lembar observasi guru dan peserta didik dengan persentase sebesar 90,9% dan 89,2% secara berurutan maka monopoli berbasis budaya Indonesia praktis digunakan. Hasil uji t  dengan “One-Sample Test” diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,010 kurang dari 0,05maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji t maka hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa monopoli berbasis budaya Indonesia layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar pada kurikulum 2013.


Keywords


media, monopoli, layak, praktis, efektif

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamiyah, Nur, Mohamad Jauhari. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Punlisher

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sholekah. 2015. Pengembangan Media Monopoli Tematik pada Tema “Tempat Tinggalku” untuk Peserta didik Kelas IV di SD N Babarsari. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sudjana, Nana. Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Tedja Saputra Mayke S. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Diri TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana

Widodo, Slamet. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Magister Pendidikan : Unesa

Sudjana, Nana. Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Tedja Saputra Mayke S. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Diri TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana

Widodo, Slamet. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Magister Pendidikan : Unesa




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.5866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: