IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA KONSEP OPTIK GEOMETRI

MOHAMMAD Luqman HAKIM

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya miskonsepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif kuantitafif. Subyek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Trunojoyo Madura. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah random sampling dengan menggunakan instrumen tes disertai kolom CRI. Kesimpulan dari penelitin ini adalah persentase responden yang tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi pada setiap soal/konsep diperoleh bahwa 30% mengalami miskonsepsi pada konsep bayangan. 80% responden tidak tahu konsep Bayangan nyata dan hanya 30% responden tahu konsep pada konsep proses melihat benda oleh mata

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya miskonsepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif kuantitafif. Subyek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Trunojoyo Madura. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah random sampling dengan menggunakan instrumen tesdisertai kolom CRI. Kesimpulan dari penelitin ini adalah persentase responden yang tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi pada setiap soal/konsep diperoleh bahwa 30% mengalami miskonsepsi pada konsep bayangan. 80% responden tidak tahu konsep Bayangan nyata dan hanya 30% responden tahu konsep pada konsep proses melihat benda oleh mata

 


Keywords


Miskonsepsi , Optik

References


Berg, Euwe Van Den (Ed). 1999. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Maharta, Nengah. Analisis Miskonsepsi Fisika Siswa Sma Di Bandar Lampung. (http://dc343.4shared.com/doc/VLitjsdB/preview.html)

Puspita, D, dkk. 2009. Alam Sekitar IPA Terpadu : untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: PT. Leuser Cita Pustaka

Suparno, S.J. 1998. Miskonsepsi (Konsep Alternatif) Siswa SMU dalam Bidang

Fisika. Yogyakarta : Kanisius.

Kutluay, Y. 2005. Diagnosis Of Eleventh Grade Students’ Misconceptions About Geometric Optic By A Three-Tier Test. M.S., THESIS. Department of Secondary Science and Mathematics Education Middle East Technical University (https://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12606660/index.pdf)

Winny Liliawati dan Taufik Ramlan, 2009. Profil Miskonsepsi Materi Ipba Di Sma Dengan Menggunakan Cri (Certainly Of Respons Index). Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 14 No. 2




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: