IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA KONSEP OPTIK GEOMETRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya miskonsepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif kuantitafif. Subyek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Trunojoyo Madura. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah random sampling dengan menggunakan instrumen tes disertai kolom CRI. Kesimpulan dari penelitin ini adalah persentase responden yang tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi pada setiap soal/konsep diperoleh bahwa 30% mengalami miskonsepsi pada konsep bayangan. 80% responden tidak tahu konsep Bayangan nyata dan hanya 30% responden tahu konsep pada konsep proses melihat benda oleh mata
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya miskonsepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif kuantitafif. Subyek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Trunojoyo Madura. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah random sampling dengan menggunakan instrumen tesdisertai kolom CRI. Kesimpulan dari penelitin ini adalah persentase responden yang tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi pada setiap soal/konsep diperoleh bahwa 30% mengalami miskonsepsi pada konsep bayangan. 80% responden tidak tahu konsep Bayangan nyata dan hanya 30% responden tahu konsep pada konsep proses melihat benda oleh mata
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Berg, Euwe Van Den (Ed). 1999. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Maharta, Nengah. Analisis Miskonsepsi Fisika Siswa Sma Di Bandar Lampung. (http://dc343.4shared.com/doc/VLitjsdB/preview.html)
Puspita, D, dkk. 2009. Alam Sekitar IPA Terpadu : untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: PT. Leuser Cita Pustaka
Suparno, S.J. 1998. Miskonsepsi (Konsep Alternatif) Siswa SMU dalam Bidang
Fisika. Yogyakarta : Kanisius.
Kutluay, Y. 2005. Diagnosis Of Eleventh Grade Students’ Misconceptions About Geometric Optic By A Three-Tier Test. M.S., THESIS. Department of Secondary Science and Mathematics Education Middle East Technical University (https://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12606660/index.pdf)
Winny Liliawati dan Taufik Ramlan, 2009. Profil Miskonsepsi Materi Ipba Di Sma Dengan Menggunakan Cri (Certainly Of Respons Index). Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 14 No. 2
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.