PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MADURA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA KELAS V

Isna Ida Mardiyana, Diyah Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran MADURA untuk meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas V ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Prosedur pengembangan media MADURA (Miniatur daur Air) mengikuti prosedur dari Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket, lembar observasi dan tes keterampilan proses IPA siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran MADURA berada pada kategori sangat valid. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media MADURA berada pada kategori praktis dengan persentase 95% untuk aktivitas guru dan persentase 72% untuk aktivitas siswa. Ketuntasan klasikal untuk tes keterampilan proses IPA berada dalam kategori efektif dengan persentase ketuntasan mencapai 100% . Peningkatan keterampilan proses IPA siswa berdasarkan nilai pretes dan posttest dianalisis menggunakan N- Gain ternormalisasi dengan hasil 65%pada kategori tinggi, 20% pada kategori sedang, dan 15% pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran “MADURA” layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan proses IPA karena memenuhi unsur-unsur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan

Keywords


Media Pembelajaran MADURA(Miniatur Daur Air), Keterampilan Proses IPA

References


Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 7 No.1 Tahun 2006. Hal 1-13

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya:Unesa University Press.

Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Kiswandarai, Septi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Malang: Jurnal Pendidikan. Vol: V, No.10

Kustandi, Cecep dan Bambang Sujipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indo.

Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Nur, Mohammad, Wikandari & Sugiarto. 2008. Teori-teori Pembelajaran Kognitif.

Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Ratnawulan, Elis dan Rosdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang

Mediatama Yogyakarta.

Rohman, Mohammad dan Sofan Amri. 2016. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Sadiman, Arif. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah dasar. Jakarta: PT Indeks. Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta:

Prenadamedia Grup.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development.

Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: