PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOSS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Umi Hanik

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini fokus pada penerapan strategi dictogloss untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali peristiwa sejarah kelas VA pada SDN Gili Barat. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan data penelitian menunjukkan hasil rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus II sebesar 76,2%. Pada aktivitas siswa di siklus II hasil rata-rata persentase keterlaksanaan adalah 73, Pada lembar kegiatan siswa dinyatakan berhasil terlaksana karena siswa dapat menceritakan kembali peristiwa sejarah secara runtun dan tepat mencapai rerata kelas yang memenuhi yaitu 81,75 dalam kategori sangat baik dengan indikator keberhasilan≥70,1%.


Keywords


IPS, strategi dictogloss, kemampuan menceritakan kembali, hasil belajar.

References


Azies, Alwasilah, 1996. Pokok-Pokok Keterampilan Dasar Mengajar. Surabaya : FBS UNESA.

Azies, Furqanul & A. Chaedar, Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif – Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : GP Press Group.

Kuswandi, Edi. 2013. Riset Tentang Ilmu Sejarah. (Online). (http://edymonthazery983.blogspot.co.id/2013/01/riset-tentang-ilmu-sejarah_17.html. diakses 14 April 2017).

Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Ilmiah: Prinsip- Prinsip Dasar, Langkah-Langkah dan Implementasinya. Surabaya : Penerbit Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sardiyo, dkk. 2008. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Tarigan, Djago. 1998. Keterampilan Menyimak. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung : Angkasa.

Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Trianto. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Wajnryb, R. (1990). Grammar Dictation. Oxford: Oxford University Press.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: