PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Sri Muji Astuti

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual dan Media Pembelajaran Konkrit pada siswa kelas 1  SD Negeri 2 Penganten. Subyek penelitian adalah 17 siswa kelas I SD Negeri 2  Penganten  Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh simpulan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dan media pembelajaran konkrit pada pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Penganten Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan semester 1. Kondisi awal sebelum pelaksanaan rata-rata nilai siswa adalah 59,41. Pada penelitian tindakan kelas siklus I rata-rata nilai 71,76,sedangkan siklus II diperoleh rata-rata 82,94. Adanya peningkatan 65 % atau 11 siswa pada siklus I dan 94,11 % atau 16 siswa pada siklus II.


Keywords


Learning outcomes, contextual approach and concrete learning media.

References


Ali, Mohammad, (1984), Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung : Angkasa Anitah, Sri. W dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Rinek Cipta.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Mulyani Sumantri, Nana Syaodih, (2006), Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka

Nar Heryanto, H. M. Akib Hamid, (2006), Statistika Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Malang : Gramedia Widiasarana

Sudjana, Nana. 2006. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Suparno, Mohamad Yunus, (2006), Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: