PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS III SDN 015 TARAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android Untuk Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan dan untuk mengetahui karakteristik Media Pembelajaran IPA Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Sutopo (2003). Pelaksanaan penelitian terdapat lima tahap yaitu : 1) Concept, (Konsep), 2) Design (Perancangan), 3) Material collecting (pengumpulan bahan), 4) Assembly (pembuatan), 5) Testing (pengujian). Media ini akan divalidasi oleh 3 orang validator yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan ahli praktisi. Uji coba produk untuk mengetahui respon siswa dilakukan di SDN 015 Tarakan pada kelas III sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran IPA Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Untuk Siswa SDN 015 Tarakan Kelas III sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adami, Feby Zulham. 2016. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI VOL. II NO. 1 Februari 2016.
Akbar, Sad’un. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Andriyadi , Anggi. 2011. Augmented Reality Team. http://belajarar.blogspot.com, (diakses 7 Oktober 2017).
Android (sistem operasi). https://id.wikipedia.org/wiki/Android_%28sistem_ operasi%29 (diakses 6 Oktober 2017).
Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Ariani, Niken. Haryanto, Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ardhianto, Eka. 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 17, No.2, Juli 2012 : 107-117.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.
Asyhar, Rayendra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakart
Blender institute. Blender 2.77 for windows. 2016.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Khikmah, Y, T. 2013. Pengembangan media pembelajaran CD interaktif materi struktur dan fungi sel Dilengkapi teka-teki silang berbasis flash. (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id (diakses 8 Agustus 2016).
Lazuardi, Senja. 2012. Masa Lalu, Kini, dan Masa Depan Teknologi 'Augmented Reality' (online). http://tekno.kompas.com/read/2012/05/02/00265964/ masa.lalu.kini.dan.masa.depan.teknologi.augmented.reality (diakses 6 Oktober 2017).
Musfiqon. 2015. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Prastowo. Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar. Diva PRESS. Yogyakarta
Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Rivai A. dan Sudjana N. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Ronald T, Azuma. 1997. A Survey Of Augmented Reality, Teleoperator and Virtual Environments (355-385), Hughes Research Laboratories, Dept Of Computer Science UNC, Los Angles, US. azuma@isl.hrl.hac.com, https://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_reality (diakses 5 oktober 2016).
Roedavan, Rickman. 2016. Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.
Safaat, Nazruddin. 2015. Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Saputro, Eka Rujianto. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, Volume 6, Nomor 2, April 2015.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Thaib, M. Amin. dkk. 2007. Model Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiah. Jakarta: Balai Litbang Agama.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.