PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA INDONESIA KELAS III SDN BETITING
Abstract
Pengembangan ini dilatar belakangi adanya masalah kurang aktifnya siswa dikarenakan pembelajaran masih konvensional tanpa bantuan media pembelajaran terutama pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Dari permasalahan tersebut pengembang ingin mengembangkan media permainan scrabble berbasis macromedia flash pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kelas III SDN Betiting. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang memiliki 10 tahapan. Instrument pengumpulan data berupa lembar observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil persentase kevalidan media permainan scrabble berbasis macromedia flash menurut ahli media pembelajaran adalah 93% (sangat valid, sangat baik digunakan), menurut ahli bahasa adalah 75% (valid, boleh digunakan setelah revisi kecil), menurut ahli materi adalah 100% (sangat valid, sangat baik digunakan), menurut ahli desain pembelajaran adalah 94% (sangat valid, sangat baik digunakan), dari hasil uji coba produk ditemukan rata-rata 90%, dari hasil uji coba pemkaian diperoleh rata-rata 91%. Dapat disimpulkan bahwa media permainan scrabble berbasis macromedia flash efektif dan layak digunakan pada pembelajaran bahasa indonesia materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
El-Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Meity, H. Idris. 2015. Menjadi Pendidikan yang Menyenangkan dan Profesional. Jakarta: Luxima.
Purwanto, Ngalim 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Singarimbun, Masri, Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia
Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta :kencana
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sundayana, Rostiana. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Malang: PT Bumi Aksara
Wardani, Naniek Sulistya, dkk. 2012 . Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.