PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRACT
This research aims to increase learning outcomes by implementation of Assure learning model on PKn learning “Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi” subjects by class IV students of elementary Banjarbillah 1 Tambelangan Sampang district semester 2 school year 2016/2017. This research was Class Action Research that implemented in two cycles. Each cycle consists of four steps such as planning, implementation, observation, and reflection. Subject of this research were students in class IV, they were 16 students. Collection data technique were test, observation, documentation, and discussion record. The result of this research indicated that implementation of Assure learning model was able to increase learning outcomes of students such as increasing of average grade and classical completeness on each cycle. For example, there was 48 of average grad on pra-cycle, and increased on cycle 1 been 62, and more increase on cycle 2 been 80.
Keywords: Model Pembelajaran Assure, Hasil Belajar, PKn
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran assure mata pelajaran PKn materi “Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi” Siswa Kelas IV SDN Banjarbillah 1 Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Banjarbillah 1 Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal pada setiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada saat prasiklus adalah 48, meningkat menjadi 62 pada Siklus 1 dan meningkat menjadi 80 pada saat Siklus 2
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi : Gaung Persada
Margono.2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Ciptaka.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, Nana. 2006. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.