ASESMEN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR

Rika Mellyaning Khoiriya, Indah Setyo Wardani

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan asesmen autentik pada pembelajaran terpadu yang sesuai dengan kurikulum 2013. Karakteristik anak sekolah dasar berada pada tahap kemampuan berpikir operasional konkrit. Berpikir operasional artinya, peserta didik mampu memahami konsep pengetahuan dari hasil pemahaman terhadap objek yang ada di dalam lingkungannya. Pada tahap ini, anak belajar secara konkret, integratif, dan hierarkis. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan pada anak sekolah dasar adalah pendekatan pembelajaran terpadu.. Model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan kurikulum 2013 adalah model pembelajaran webbed dan integrated.. Kedua model pembelajaran tersebut dinilai dapat memberikan pengalaman peserta didik dalam belajar lebih bermakna dan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik apabila guru dapat menyajikan bentuk penilaian yang sesuai dengan dengan karakteristik anak sekolah dasar serta dapat mengukur kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Penilaian/asesmen autentik pada pembelajaran terpadu berdasarkan kurikulum 2013 di tingkat sekolah dasar yang dinilai dapat mengukur berbagai aktivitas peserta didik secara langsung yang bermakna yaitu antara lain: asesmen dalam bentuk tes dan proyek, asesmen dalam bentuk non tes (lembar observasi dan penilaian diri) , dan asesmen dalam bentuk unjuk kerja.

Keywords


Asesmen Autentik; Pembelajaran Terpadu; Sekolah Dasar

References


Aminudin, 1994, Pembelajaran Terpadu Sebagai Bentuk Penerapan Kurikulum 1994 Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Malang: Vokal. Telaah Bahasa dan Sastra, FPBS IKIP Malang

Desmita. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogjakarta: Aruzz Media.

Fogarty, Robin. 1991. How To Integrate The Curricula. Illionis, IRI/Skylight Publishing, Inc.

Havighurst, R., J., 1972. Developmental Task and Education. New York: McKay.

Harsiati, Titik. 2011. Penilaian Pembelajaran. Malang: UM.

Hart, D. 1994. Authentic Assessment: A Handbook for Educators. Menlo Park, CA: Addison-Wesley Pub. Co.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo.

Kemdikbud. 2014. Sehat Itu Penting (Buku Guru). Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2014. Sehat Itu Penting (Buku Siswa). Jakarta: Kemdikbud.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Khoiriya, R.M. 2013. Pengembangan Model Instrumen Asesmen Autentik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Berbasis Pendidikan Karakter di SDN 04 Bandulan Kota Malang . Tesis tidak diterbitkan. Malang: UM.

Sutrisno, tanpa tahun. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Matematika dan Sains di Sekolah.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: