PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EKSPOSITORY DAN BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN
Abstract
Perbedaan hasil belajar mata kuliah strategi pembelajaran pada mahasiswa STKIP PGRI Situbondo, menekankan bahwa penggunakaan strategi menghasilkan dampak yang signifan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara menggunakan strategi eskpostori dan strategi berbasis masalah. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan tipe Non Equivalent Control Group design. Teknik Pengambilan sampel adalah Non probability sampling. Sampel Penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Kelas VA dan Vb yang berjumlah 78. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan awal siswa yang diperoleh dari tugas sebelumnya. Teknik analisis data yng digunakan adalah Uji T independen. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan strategi eskpository (nilai mean= 70,55) dan berbasis masalah (nilai mean yaitu 83,17) terhadap hasil belajar strategi pembelajaran,. Hasil perbedaan diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 2,87lebih dari2,000 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti ada perbedaan hasil mahasiswa dengan menggunakan strategi ekspository dan berbasis masalah pada mata kuliah strategi pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik II.
Moh. Nazir. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Passaribu dan Simanjuntak. 1983. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung:
Suhito. 1986. Strategi Belajar Mengajar. Semarang : FMIPA IKIP Semarang PressSurachmat Winarno. 1982. Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Tim MKDK. 1989. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.