Group Counseling Services To Improve Self-Concept Through Good Adjustment In The New Normal Era

Esi Zarisman, Firman Firman, Netrawati Netrawati

Abstract


Children who have a good self-concept will see themselves well too, and this will affect their adjustment. The purpose of this study is to find out 1. An overview of a person's self-concept 2. The way a person adapts. Good adjustment will help someone to be able to interact with their environment, especially the school environment. The results of the discussion show that a good self-concept or a person's perspective on himself is good, then he will easily accept all the weaknesses and strengths in himself and this can help him to be able to adjust himself well.

Keywords


Group Counseling; Self concept; Adjustment

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, A. A. 2015. Konseling kelompok: perspektif teori dan aplikasi.

Ali, M., &Asrori, M. 2004. Psikologiremaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Amin, M. 2022. Evaluasi Program Kegiatan Pembiasaan dalam Menumbuhkan Akhlak Pada Era New Normal di MTs. Miftahul Huda, Tayu Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Anisah, A. L. 2020. Intervensi Literasi dan Layanan Kesehatan Mental PNS Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Era New Normal. Civil Service Journal, 14(2 November), 29-39.

Anjali, D. R. 2022. STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI ERA NEW NORMAL SDN 156 SELUMA (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Faridah, D. N. 2015. Efektivitas teknik modeling melalui konseling kelompok untuk meningkatkan karakter rasa hormat peserta didik (quasi eksperimen terhadap siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bandung tahun pelajaran 2014/2015). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 45-66.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. 2018. Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 211-219.

Hanif, A. S. 2010. Program Layanan Bimbingan Konsep Diri (Self Concept) Pada Siswa Tunalaras. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(7), 53-61.

Hutapea, B. 2014. Stres kehidupan, religiusitas, dan penyesuaian diri warga Indonesia sebagai mahasiswa internasional. Makara Hubs-Asia, 18(1), 25-40.

Ilyas, S. M., & Fitria, S. 2021. Pengaruh Selfie-Liking dan Penyesuian Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 142-153.

Indri, M. 2021. IMPLEMENTASI REGULASI PELAYANAN PERNIKAHAN PADA ERA NEW NORMAL DI KUA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA (Doctoral dissertation, UIN Prof KH Zaifuddin Zuhri Purwokerto).

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. 2019. Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35-46.

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. 2019. Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35-46.

Kesuma, S. 2021. Pengurangan Risiko Pandemi Corona Virus Disease (Covid19) Pada Calon Jamaah Haji Dan Umrah Indonesia di Era New Normal. Islamic Management and Empowerment Journal, 3(1), 1-18.

Kusdiyati, S., & Halimah, L. 2011. Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA pasundan 2 bandung. Universitas Ahmad Dahlan.

Lestari, A. D. P. 2022. SOSIODRAMA BERBASIS VISUAL NOVEL GAME: TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Cermin: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 3(2), 37-42.

Lestari, B. C. I. 2022. Interaksi komunikasi mahasiswa dalam adaptasi new normal di era pandemi covid-19 (Studi Pada FDIK UIN Mataram) (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Maharani, V. P. 2022. Pengaruh kejenuhan dalam pembelajaran e-learning terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas tinggi SD Tunas Harapan Malang di era new normal. Jurnal Psikologi Tabularasa, 17(1), 26-39.

Mahardhani, A. J., & KP, M. 2020. Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(2), 65-76.

Mardiyana, M. 2022. HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PADA MASA NEW NORMAL DI POSYANDU LANSIA DUKUH KAYON DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Marlina, R. 2011. Pengembangan Program Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Mahasiswa. Majalah Ilmiah SOLUSI, 10(20).

Muhsin, H. 2021. Kampus Merdeka Di Era New Normal. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen, 143.

NIKEN, S. 2021. MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARA MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARA MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DI MASA PANDEMI DI MASA PANDEMI COVID 19-NEW NORMAL (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Noriko, N., Hadiansyah, A., Alaik, I., Hidayat, M. F. Y., & Lubis, A. H. 2020. Konsep, Strategi dan Program Pembinaan Kepemimpinan Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) di Era New Normal dan Pasca Covid 19. WEBINAR ILMIAH MASJID II, 43.

NOVRIDA, Y., Sya'roni, S. R., & Batubara, A. 2021. PERANAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM PEMULIHAN HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT PADA MASA NEW NORMAL DI KELURAHAN KENALI BESAR KECAMATAN KOTA BARU KOTA JAMBI (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Nudin, B. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Era New Normal pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 9 Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta.

Oktafianjati, C. 2019. EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Palupi, R. S. S., Saputra, W. N. E., & Handayani, N. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri dengan Teknik Problem Based Learning Siswa Kelas 7. G SMP N 1 Jumapolo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1426-1433.

Pambudi, H. A., YULIAWAN, D., & ALLSABAH, M. A. H. 2021. Minat dan Motivasi Belajar Penjasorkes Saat Era New Normal di SD Negeri Se Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Tahun Ajaran 2020/2021.

Qhairunissa, T. 2020. EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas XII SMK Yudya Karya Kota Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Rahmi, S. 2015. Pengaruh pendekatan perilaku kognitif terhadap tingkat penyesuaian diri siswa di kelas VII SMP Negeri 29 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling.

Saputra, N. M. A., & Muharammah, N. W. 2020, September. Peran layanan bimbingan dan konseling sebagai internalisasi kemampuan adaptasi peserta didik pada era new normal. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 75-79).

SARI, R. K. 2022. PERSEPSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERMASALAHAN SISWA PADA PEMBELAJARAN LURING DI ERA NEW NORMAL DAN PENANGANANNYA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN LEMBANG JAYA.

Simanjuntak, D., & Fitriana, R. 2020. Gegar Budaya, Adaptasi, dan Konsep Diri Sumber Daya Manusia Pariwisata dalam Menyongsong Era New Normal. Society: Program Studi Perhotelan, STIE Pariwisata YAPARI Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

SUPRAPTINI, S. 2022. BEST PRACTICE PENGGUNAAN CYBER COUNSELING DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI ERA PANDEMI. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 112-117.

Susanto, S., & Pangestu, W. T. 2021. BENTUK BIMBINGAN KONSELING GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SDN GEMARANG 7. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 9(2), 294-300.

Susanto, S., & Pangestu, W. T. 2021. BENTUK BIMBINGAN KONSELING GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SDN GEMARANG 7. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 9(2), 294-300.

Wijayanti, U. T. 2021. Analisis faktor penyebab perceraian pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 14(1), 14-26.

Wulandari, A. R., & Susilawati, L. K. P. A. 2016. Peran penerimaan diri dan dukungan sosial terhadap konsep diri remaja yang tinggal di panti asuhan di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 509-518.

Wulandari, S. W. 2016. Hubungan antara kesejahteraan psikologis dan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Psiko Edukasi, 14(2), 94-100.

Yusriadi, Y. 2021. PERANAN DEPARTEMENT HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT (HRD) DALAM UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI DI SAAT PANDEMIC COVID-19 DAN ERA NEW NORMAL PADA ORGANISASI PERUSAHAAN. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 12(4), 426-435.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v11i1.18076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Esi Zarisman, Firman Firman, Netrawati Netrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: