The Urgency of Local Culture-Based Basic Education Purwokerto
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifia, H. N., Salma, D., Arifin, M. H., & Istianti, T. (2021). Internalisasi Keberagaman Budaya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(2), 100-111.
Astuti, K. D., & Arif, M. (2021). Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hajar Dewantara di Era Covid 19. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 202-207.
Ayu, M.R., Permata, R.R., Rafianti, L.2017. Sistem Perlindungan Sumber Daya Tak Benda di Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia. Jurnal Mimbar Hukum. Vol. 29 (2).
Budiwibowo, S. (2016). Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01).
Dini, J. P. A. U. (2022). Kompetensi Guru dalam Penerapan Budaya pada Lembaga PAUD di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3160-3168.
Genggong, T. M., Tapung, M. M., & Wejang, H. E. A. (2021). Urgensi dan model pembelajaran muatan lokal berbasis budaya manggarai untuk menunjang pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 2(1), 12-20.
Indriyani, D. 2017. Hak Asasi Manusia Dalam Memperoleh Pendidikan. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) Vol. 7(8).
Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289.
Kalifah, D. R. N., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan lkpd tematik berbasis kearifan lokal budaya Lampung Selatan tema indahnya keberagaman kelas iv mi/sd. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 27-36.
Karim, A.2016. Pembaharuan pendidikan Islam Multikulturalis. Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta alim. Vol. 14(1)
Lawe, Y. U., Noge, M. D., Wede, E., & Itu, I. M. (2021). Penggunaan bahan ajar elektronik multimedia berbasis budaya lokal pada tema daerah tempat tinggalku untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 92-102.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Supeni, S., Yusuf, Y., & Oktavia, B. N. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BERBASIS BUDAYA DAERAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD. Jurnal Sinektik, 5(1), 1-7.
Suyahman. 2016. Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis di Sekolah Menengah Atas dalam Kaitannya dengan Kualitas Pendidikan Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol (2).
Ulum, M., Hardiyati, K., Irfan. 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Tradisi Lombe di Pulau Kangean Kabupaten Sumenep. Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS 2017. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Berkelanjutan. ISBN: 978–602–361–072-3
Wibawa, S. (2013). Mengukuhkan pembelajaran bahasa, sastra, dan budaya daerah sebagai muatan lokal. Konferensi Internasional Budaya Daerah, 3, 1-13.
Zaenudin. 2015. Pembaharuan Sistem Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. Vol. 1 (1).
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.17404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rani Darojah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.