THE URGENCE OF DIGITAL TECHNOLOGY IN IMPLEMENTING BK NEED ASSESSMENTS IN SCHOOL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, B. S., Nurpitasari, E., Hanum, N. C., Ahmat Ario Akbar, & Bhakti, C. P. (2020). Pengembangan Asesmen Berbasis Teknologi untuk Keberlangsungan BK ditengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 “Penggunaan Asesmen Dan Tes Psikologi Dalam Bimbingan Dan Konseling Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru,” 98–103. http://conference.um.ac.id/index.php/bk3/article/view/313.
Andriani, R., & Oktasari, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi alat ungkap masalah ( AUM ) PTSDL SERI SLTP untuk pemetaan masalah belajar siswa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36–41.
Anni, C. T., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2018). Memadupadankan antara Kompetensi Konselor aspek Asesmen BK dengan Pengembangan Literasi Siswa di Sekolah. Satya Widya, 34(1), 1–12. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p1-12.
Cahyawulan, W., Badrujaman, A., Fitriyani, H., Mamesah, M., Wahyuni, E., & Djunaedi. (2019). Peningkatan Kompetensi Teknologi dan Informasi Guru Bimbingan dan Konseling. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 195–199.
Fitriana, F., Yulianti, Y., Yusuf, A. M., Daharnis, & Suhertina. (2021). Urgensi asesmen dalam bimbingan dan konseling dalam menyiapkan generasi berkualitas. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 6(3), 259–264. https://doi.org/10.1007/10.23916/081220011.
Fitriani, W., Afiat, Y., & Aisyah, T. F. (2021). Need Assesment sebagai Manufestasi Unjuk Kerja Konselor. Al-Tazkiah: Jurnal …, 10(1), 1–20. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/view/3410%0Ahttps://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/download/3410/1513.
Gysbers, N. O., & Henderson, P. (2012). Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program.
Hays, D. G. (2013). Asessment in Counseling (A Guide to the Use of Psychological Assessment Procedures.
Hermawan, R. (2022). Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Masa Pandemi Covid-19. Coution: Journal of Caounseling and Education, 3(1), 28–40.
Imawanty, & Fransiska, A. B. (2019). Optimalisasi asesmen dan evaluasi bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan aplikasi formulir daring jotform. Proceeding (Konvensi Nasional XXI), Asosiasi Bimbingan Dan Konseling, Bandung 27-29 April 2019, 129–135.
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). In Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP.
Maharani, C. A., Rosra, M., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pembimbing dalam Menguasai Konsep dan Praksis Assesment. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(2), 123–136. https://doi.org/10.23960/jiip.v1i2.18032.
Permadin, M. L. P., & Herdi. (2021). Asesmen kebutuhan konseli dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 27–33.
Ridhani, A. R., & Fauzi, Z. (2019). Pengembangan Need Assesment Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(1), 29. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i1.1903.
Sudibyo, H., & Budiman, M. A. (2021). Need Asesment Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbantuan Gongle Form. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 6(2), 1–5.
Sujadi, E., Chandra, H., Angela, L., & Wisma, N. (2019). Pengembangan Modul Assesmen Bimbingan dan Konseling Non- Tes. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(02), 153–170.
Tere, M. I., & Herdi. (2021). Asesmen Kebutuhan Sebagai Dasar Perencanaan Program Bimbingan Pribadi Berbasis Multikultural di SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(1), 25–29.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v9i2.15014
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yenni Elfira, A. Muri Yusuf, Daharnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.