DEVELOPMENT OF ADVISOR TEXTBOOK BASED ON ROKAT TASE' LOCAL WISDOM FOR CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL

Indun Bi Wastuti, Priyono Tri Febrianto, Umi Hanik

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang layak _ digunakan dari aspek kelayakan , efektivitas , daya tarik dan kemudahan penggunaan dalam penerapannya di SDN Klampis Barat. Studi ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji coba kesesuaian buku ajar dari validator yaitu ahli 80% materi, ahli bahasa 83%, ahli media pembelajaran 93%, dan ahli desain pembelajaran 94% dengan kategori sangat layak. (2) Hasil uji daya tarik berdasarkan respon siswa pada uji coba produk 91,7% dan uji coba penggunaan 90% dengan kategori sangat menarik. (3) Hasil uji keefektifan berdasarkan observasi aktivitas guru dan siswa pada uji coba produk dan uji coba penggunaan. Pada uji coba produk hasil observasi aktivitas guru sebesar 97,3% dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 89%. Pada uji coba penggunaan, hasil observasi aktivitas guru sebesar 98,3% dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 95% dengan kategori sangat efektif. (4) Hasil uji kepraktisan berdasarkan respon guru sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah buku teks pendamping _berbasis kearifan lokal Rokat Tase' sangat layak digunakan sebagai tema pendamping 7 pada subtema 2 kelas IV SD.

Keywords


Textbooks; Local Wisdom; Rokat Tase'

Full Text:

PDF

References


Khauro, K., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Mauludiana, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). STUDI PENDAHULUAN IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN BULUH 2. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 82-86.

Meliono, I. (2011). Understanding the Nusantara thought and local wisdom as an aspect of the Indonesian education. Tawarikh, 2(2).

Mulyoto. 2013. Learning Strategies in the Curriculum Era 2013. Jakarta: Library Achievements.

Mungmachon, M. R. (2012). Knowledge and local wisdom: Community treasure. International Journal of Humanities and Social Science, 2(13), 174-181.

Poerwanti, Endah. 2013. Guidelines for Understanding the 2013 Curriculum (An Innovation of Future Supporting Curriculum Structure). Jakarta: Library Achievement.

Safitri, S. R. E., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Setyawan, A., Aznam, N., Paidi, P., Citrawati, T., & Kusdianto, K. (2020). Effects of the Google Meet Assisted Method of Learning on Building Student Knowledge and Learning Outcomes. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 3924-3936.

Sugiyo, R., & Purwastuti, L. A. (2017). Local wisdom-based character education model in elementary school in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5), 299-308.

Sugiyono. 2015. Quantitative, Qualitative, and R&D Research Methods. Bandung: Alphabeta.

Suroso et al. 2015. Development of Conservation Biology Teaching Materials Based on Local Wisdom. Journal of Education. Sultan Ageng Tirtayasa University, Volume 45, Number 2.

Wijaya, B. R., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2021). VALIDITY OF PRACTICUM MODULE BASED ON GUIDED INQUIRY TO FACILITATE STUDENTS’SCIENCE PROCESS SKILLS. CITRA: International Journal of Community service, Informatics, Technology, Research in education, Art and humanities, 1(1), 89-99.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v9i1.13638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indun Bi Wastuti, Priyono Tri Febrianto, Umi Hanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: