APLIKASI WEBSITE DAN E-DMS KEJAKSAAN NEGERI KRAKSAAN DENGAN METODE TF-IDF

Akhmad Erieck Al Habsyi

Abstract


Kejaksaan Negeri Kraksaan adalah lembaga yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan perkara pidana maupun perdata. Dalam upaya mendukung kinerja Kejaksaan itu sendiri, diperlukan suatu sistem yang dapat mempublikasikan kejaksaan dan membantu dalam memanajemen surat masuk  maupun keluar, khususnya dalam pencarian suatu dokumen yang sesuai dengan query pengguna. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) yang menghasilkan pencarian dokumen yang sesuai tingkat pembobotan dan berdasarkan query masukan oleh pengguna. Metode Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) didasarkan pada kemunculan term pada setiap dokumen dan pengurangan dominasi term yang banyak muncul di berbagai dokumen, sehingga mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian suatu dokumen  yang diinginkan secara cepat dan tepat. Hasil Penelitian ini adalah program yang memanajemen surat dengan pencarian document teks yang menggunakan Metode Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) yang menghasilkan perhitungan pembobotan Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan mendapatkan dokumen relevan yang teranking sesuai tingkat pembobotannya berdasarkan query masukan oleh pengguna.


References


Intan, R, Defeng A. 2006. HARD Subject-base Search Eagler menggunakan TF-IDF dan Jaccord’s. Surabaya. Universitas Petra.

Nurazwar, Izam. 2007. Pembangunan Aplikasi Document Management System Berbasis Web. Tugas Akhir Surabaya. ITS

Darmawan, Irwan. 2010. Rancang Bangun Aplikasi Keyword Generator Untuk Mendukung Pencarian Dokumen Menggunakan Metode TF-IDF. Tugas Akhir Bangkalan : Universitas Trunojoyo.

Jusoff, Kamaruzaman dkk. 2011. Electronic Document Management System. World Applied Sciences Journal 12.

Chantique, Dyah. 2007. Pengantar Temu Kembali Informasi Information Retrieval. http://blog.its.ac.id/dyah03tc/2007 /11 /21/pengantar-temu-kembali-informasi-information-retrieval/. Diakses tanggal 02 Februari 2013.

Khodra, Masayu Leylia. 2003. Text Mining Kategorisasi Teks Naïve Bayes. Bandung: IF-ITB.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v8i1.8750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Akhmad Erieck Al Habsyi

Indexed By