SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADI DENGAN METODE BAYESIAN BERBASIS CERTAINTY FACTOR

Dwi Puji Raharjo, Andharini Dwi Cahyani, Bain Khusnul Khotimah

Abstract


Banyak petani yang mendapatkan hasil panen kurang maksimal. Hal itu disebabkan oleh hama maupun penyakit tanaman padi. Hama dan penyakit memiliki jenis dan gejala yang berbeda. Untuk jenis hama dan penyakit diantaranya: penggerek batang, hawar daun bakteri, dan lain-lain. sedangkan gejala dari hama maupun penyakit tanaman padi antara lain: adanya ngengat kupu-kupu, anakan berkurang, daun padi berwarna kuning, dan lain-lain. Untuk mempermudah mendiagnosa jenis hama dan penyakit tanaman padi, dibutuhkan adanya sistem pakar yang cara kerjanya hampir sama dengan seorang pakar dalam bidangnya. Gejala-gejala yang terdapat pada sistem sering mengandung ketidakpastian karena fakta yang didapat di lapangan tidak sesuai dengan panduan seorang pakar. Untuk mengatasi masalah ketidakpastian tersebut, sistem pakar mengadopsi metode Certainty Factor untuk menganalisa berdasarkan gejala-gajala yang terdapat pada masalah yang terjadi. Dengan metode Certainty Factor pada sistem akan didapatkan tingkat kepastian terhadap suatu fakta yang akan menghasilkan sebuah diagnosa. Hasil dari sistem akan mampu melakukan diagnosa berdasarkan gejala-gejala yang ada meskipun terdapat gejala-gejala yang mengandung ketidakpastian. Untuk mengukur derajat kemunculan suatu hama ataupun penyakit berdasarkan gejala-gejala digunakanlah Probabilitas Bayesian.

References


Syam Mahyuddin, Suparyono, Hermanto, S Wuryandari Diah. 2008. Masalah Lapang Hama, Penyakit dan Hara Tanaman Padi. KOPKARLITAN Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Khotimah, Bain Khusnul. 2010. Sistem Pakar Troubleshooting Komputer dengan metode Certainty Factor Menggunakan Probabilitas Bayesian (Strudi Kasus Laboratorium Jaringan Komputer). Rekayasa, Volume 3, Nomor 1, April 2010.

Muhardi, Dedi. 2014. Sistem Pakar Menentukan Tingkat Depresi Mahasiswa Semester Akhir Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Informatika Budi Darma, Volume: IV, Nomor 3, April 2014.

Daniel, Gloria Virginia. 2010. Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Dengan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainty Factor. 26- Jurnal Informatika, Volume 6 Nomor 1, April 2010.

Rohajawati Siti, Supriyati Rina. 2010. Sistem Pakar: Diagnosis Penyakit Unggas Dengan Metode Certainty Factor. ComIT, Vol 4 No. 1 Mei 2010, hlm 41 – 46.

Daeli, Feresi. 2013. Sistem Pakar Menentukan IQ Anak yang Mengalami Reterdasi Mental Dengan Metode Certainty Factor (Studi Kasus: Pendidikan SLB/B Karya Murni). Pelita Informatika Budi Darma, Volume IV, Nomor 3, Agustus 2013.

Anjas Sari, Nur. 2013. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Informatika Budi Darma, Volume IV, Nomor 3, Agustus 2013.

Latumakulita, Luther. 2012. Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Anak Menggunakan Certainty Factor (CF). 122 Jurnal Ilmiah Sains Vol. 12 No. 2, Oktober 2012.

Yastita, Sri,. Dewi Lulu, Yohana,. Perdana Sari, Rika. 2012. Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (STNTIKI) 4 Pekanbaru, 3 Oktober 2012.

Mahardika, Gede. 2012. Pengembangan Sistem Pakar Diagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor Berbantuan Metode Kuantifikasi Pertanyaan (Studi Kasus: Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit, di Desa Tangguwisia, Kecamatan Seririt). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 1, Nomor 1, Mei 2012.

Orisa, Mira,. Budi Santosos, Purnomo,. Setyawati, Onny. 2010. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kambing Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal EECCIS Vol 8, No. 2, Desember 2010.

Yudi,. Laila. Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosa Hama Jeruk dan Pengobatannya Menggunakan Metode Certainty Factor.

Kusrini. Penggunaan Certainty Factor dalam Sistem Pakar untuk Melakukan Diagnosis dan Memberikan Terapi Penyakit Epilepsi dan Keluarganya.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v8i1.8749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Puji Raharjo, Andharini Dwi Cahyani, Bain Khusnul Khotimah

Indexed By