PENGIMPLEMENTASIAN JARINGAN WIRELESS DENGAN HIERARCHICAL TOKEN BUCKET PADA MIKROTIK DAN SQUID PROXY

Willyam Willyam, Wilibrodus Wilibrodus, Halim Agung

Abstract


ABSTRAK

Jaringan wireless merupakan teknologi yang tidak asing lagi pada zaman yang telah berkembang pesat ini. Teknologi ini sudah banyak digunakan dimana saja termasuk dalam dunia bisnis dan perkantoran. Namun, ada kelemahan pada jaringan wireless apabila perancang jaringan tidak memberi konfigurasi dengan tepat. Salah satu kelemahan jaringan itu adalah seperti pembagian bandwidth yang tidak teratur sehingga menurunkan kinerja karyawan apabila masalah tersebut terjadi di sebuah kantor. Selain itu, banyak karyawan yang menyalahgunakan koneksi jaringan untuk keperluan yang tidak penting. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah jaringan wireless untuk perkantoran pada PT. Asia Teknologi Solusi agar para karyawan dapat mengakses internet dengan jaringan yang dirancang hanya untuk bekerja. Jaringan yang dirancang menggunakan metode Hierarchical Token Bucket dan menggunakan sebuah proxy yang bernama Squid Proxy. Melalui metode ini, masing-masing karyawan yang menggunakan jaringan ini akan mendapatkan bandwidth yang telah teratur dan karyawan tidak dapat menyalahgunakan internet seperti melakukan browsing website-website yang dapat mengganggu kinerja mereka karena telah diblokir oleh proxy.

 

Kata kunci : Squid, Proxy, HTB, Jaringan, Wireless.

 

ABSTRACT

Wireless network is a familiar technology in this fast-growing era. This technology is widely used wherever included in the world of business and offices. However, there are weaknesses in the wireless network if the network designer does not provide the proper configuration. One of the weaknesses is like, the bandwidth is irregularly distributed that reduces employee performance if the problem occurs in an office. In addition, many employees are abusing network connection for unnecessary purposes. The purpose of this research is to design and build a wireless network at PT. Asia Technologi Solusi’s office for employees  to access the internet which is built only for work. The network is designed using the Hierarchical Token Bucket method and uses a proxy named Squid Proxy. Through this method, each employee who uses this network will get their own minimum and maximum bandwidth that already has been set up, and with squid proxy employees can not misuse the internet like browsing websites that may interfere with their work performance.

Keywords : Squid, Proxy, HTB, Network, Wireless.

References


G. Akmalia, T. Elvyna, S. Kevin, dan L. Alfiean, ” Destributed Proxy Server dengan Squid pada Sistem Operasi Windows 7”, Ultima InfoSys, vol. IV , no. 2, hal. 74-78, 2013.

A. Farrel, Network Quality of Service Know It All, Morgan Kaufmann, United States of America, 2008.

F.N. Khasanah,” Squid Proxy Server untuk Peningkatan Performa Akses Internet Pada Ubuntu Server 10.10”, BINA INSANI ICT JOURNAL, vol. 4, no. 1, hal. 1-8, 2017.

D. Kurnia, ”Analisis QoS Pada Pembagian Bandwidth Dengan Metode Layer 7 Protocol, PCQ, HTB Dan Hotspot Di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen”, CESS, vol. 2, no. 2, hal. 102-111, 2017.

N.B. Listyawan, dan R. Imam, ”Optimalisasi Penyimpanan Video Menggunakan Videocache Pada Proxy Server”, Jurnal Sarjana Tehnik Informatika, vol. 1, no. 2, hal. 634-646, 2013.

Madcoms, Manajemen Sistem Jaringan Komputer dengan Mikrotik RouterOS, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2017.

Rico, ”Penerapan Metode Hierarchy Token Bucket Dalam Manajemen Bandwith Pada SMK Veter Jambi”, Jurnal Ilmiah Media Processor, vol. 10,no. 2,hal. 1-10, 2015.

K. Saini, Squid Proxy Server 3.1: Beginner’s Guide, Packt Publishing, United States of America, 2011.

Santoso, dan A. Setiawan, ”Analisis Dan Rancang Bangun Sistem Layanan Proxy Server Pada SMK Unggul Sakti Jambi”, Jurnal Manajemen Sistem Informasi, vol. 2,no. 1, hal. 260-277, 2017.

P. Silitonga, dan S.R. Irene, ”Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard”, Jurnal TIMES, vol. III, No. 2, Hal. 19-24, 2014.

Sukri dan Jumiati, “Analisa Bandwidth Menggunakan Metode Antria Per Connection Queue”, RABIT, Vol. 2, No. 2, Hal. 244-257, 2017.

R. Towidjojo, Mikrotik Kung Fu Kitab 2, Jasakom, Bandung, 2016.

Wahyudi, R. Keukeu, dan E.P. Ilham, ”Membangun Proxy Server Cv Global Max Menggunakan Sistem Operasi Linux Blankon 6.0 Ombilin Sebagai Manajemen Akses Jaringan”, Jurnal Edik Informatika, Vol. I, No. 1, Hal. 63-71, 2017.

R. Wulandari, ” Analisis QoS (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI)”, Jurnal Tehnik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 2, No. 2, Hal. 162-172, 2016.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v6i2.3708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Willyam Willyam, Wilibrodus Wilibrodus, Halim Agung

Indexed By