RANCANG BANGUN SISTEM E-MARKETPLACE PARIWISATA MADURA

Firmansyah Adiputra, Ach Khozaimi

Abstract


Pariwisata merupakan suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara. Madura merupakan salah satu pulau di Jawa Timur yang memiliki pesona pariwisata yang sangat indah, dan alami yang menjadikan daya tarik untuk dikunjungi. Melihat dari enam sektor tersebut Madura memiliki potensi besar dari sektor pariwisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Madura. Akan tetapi sebagian dari tempat wisata yang tersebar di pulau Madura belum tereksplor secara menyeluruh sehingga sebagian besar dari masyarakat di luar pulau Madura belum mengetahui beberapa tempat wisata yang ada di pulau Madura. Tidak hanya pariwisata tetapi kerajinan dan makanan khas Madura juga tidak terdokumentasi dengan baik sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di Pulau Madura. Hal ini sudah menjadi tugas Universitas Trunojoyo Madura berkerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi yang sangat luar biasa ini dalam meningkatkan pembangunan di pulau Madura. Maka diperlukan sebuah Sistem E-Marketplace Pariwisata Madura sehingga dapat mempromosikan wisata-wisata yang tersebar di pulau Madura. Selain itu Sistem E-Marketplace Pariwisata Madura juga menyediakan paket perjalanan sehingga wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata di pulau Madura dapat mengetahui mengenai biaya yang akan dikeluarkan untuk berkunjung ke tempat wisata di pulau Madura.


References


S. Arifin, “Digitalisasi Pariwisata Madura,” Jurnal Komunikasi, vol. 11, no. 1, p. 53, Mar. 2017, doi: 10.21107/ilkom.v11i1.2835.

M. R. Adiyanto, “Analisis Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Obyek Wisata di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura,” in Prosiding Seminar Nasional Budaya Madura V : Membangun Pariwisata Madura berbasis Budaya Lokal, Nov. 2019, pp. 8–16. doi: 10.21107/budayamadura.2019.2.

M. O. Gulbahar and F. Yildirim, “Marketing Efforts Related to Social Media Channels and Mobile Application Usage in Tourism: Case Study in Istanbul,” Procedia Soc Behav Sci, vol. 195, pp. 453–462, 2015, doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.489.

M. S. Rizal and V. Julianto, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Tour dan Travel di Kota Semarang,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 69–77, Jun. 2019.

I. Wayan Dharmana et al., “Aplikasi Business to Business Marketplace Jasa Pariwisata Menggunakan Kotlin Editor: Diwahana Mutiara Candrasari,” Jurnal Media Aplikom, vol. 11, no. 1, pp. 49–73, 2019, doi: 10.33488/1.ma.2019.1.201.

I. Wayan Dharmana et al., “Aplikasi Business to Business Marketplace Jasa Pariwisata Menggunakan Kotlin Editor: Diwahana Mutiara Candrasari,” Jurnal Media Aplikom, vol. 11, no. 1, pp. 49–73, 2019, doi: 10.33488/1.ma.2019.1.201.

I. Qossam, I. Widihastuti, and A. A. Nugroho, “Pengembangan Sistem Informasi Marketplace Biro Jasa Pariwisata,” 2017.

C. Hamonangan Simanjuntak and S. Netanel Rumokoy, “Perancangan Konsep Aplikasi Online Marketplace ‘BaBli’ untuk Pengembangan Desa Pintar di Sulawesi Utara,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 8, no. 3, pp. 2011–2018, Dec. 2019.

H. Werthner and F. Ricci, “E-commerce and tourism,” Commun. ACM, vol. 47, pp. 101–105, 2004.

Y. Yaddarabullah, M. Muttaqin, and M. Rafiansyah, “Service-Oriented Architecture for E-Marketplace Model Based on Multi-Platform Distributed System,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 662, p. 42028, Mar. 2019, doi: 10.1088/1757-899X/662/4/042028.

M. Rachmaniah, K. S. K. Zito, and I. K. Dinata, “Ecotourism e-Commerce through Android-based Marketplace,” IOP Conf Ser Earth Environ Sci, vol. 187, p. 12067, Mar. 2018, doi: 10.1088/1755-1315/187/1/012067.

K. Cao and Z. Yang, “A study of e-commerce adoption by tourism websites in China,” Journal of Destination Marketing & Management, vol. 5, Mar. 2016, doi: 10.1016/j.jdmm.2016.01.005.

I. Amerta, “Community Based Tourism Development,” International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), vol. 1, p. 97, Mar. 2017, doi: 10.21744/ijssh.v1i3.60.

A. Iqbal, G. Prakasa, and F. Ardiansyah, “Perancangan User Experience Aplikasi Marketplace Paket Wisata Indonesia untuk Wisatawan Lokal,” Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 51–60, [Online]. Available: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika

I. W. S. W. Prabawa, “Online Marketplace dan Tourist Virtual Communities di Industri Pariwisata (Inovasi Disrutive Dalam Industri Pariwisata),” Bali, Dec. 2017.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v8i2.19509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firmansyah Adiputra, Ach Khozaimi

Indexed By