SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN JAMU MADURA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Rika Yunitarini, Ernaning Widiaswanti, Prasetyo Adi Pratama Nugroho

Abstract


Jamu merupakan minuman tradisional dengan komposisi yang berasal dari beberapa bahan-bahan alami dengan banyak khasiat seperti penggunaan obat pada umumnya. Banyaknya jenis produk jamu menjadi alternatif masyarakat dalam mengobati keluhan-keluhan kesehatan. Jamu Madura adalah contoh jamu yang cukup tersohor di berbagai daerah bahkan ke mancanegara. Kepopuleran jamu Madura ini tidak terlepas dari khasiat serta variasi produk yang banyak diminati kalangan masyarakat. Kondisi ini merupakan angin segar bagi tumbuh kembangnya industri jamu di Madura. Permintaan akan jamu Madura semakin tinggi dan tidak hanya dari dalam negeri, namun juga berasal dari luar negeri. Hal ini membutuhkan pengelolaan produk jamu Madura yang lebih terstruktur dan perlu ada dukungan teknologi informasi, sehingga dapat meningkatkan usaha produksi serta penjualan jamu Madura. Namun dalam praktiknya, para pelaku usaha dagang jamu masih menggunakan cara manual untuk mengelola data persediaan jamu Madura. Selain cara tersebut cukup banyak memakan waktu, hasilnya juga kurang akurat. Untuk membuat hal tersebut menjadi lebih cepat dan mudah penulis membangun sebuah Sistem Informasi Persediaan Jamu Madura. Metode yang digunakan untuk membangun sistem menggunakan metode SDLC atau System Development Life Cycle dengan model waterfall. Tools yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), MySQL dan untuk text editor menggunakan Visual Studio Code. Dalam membangun sistem juga menggunakan framework yaitu Laravel. Dengan dibangunnya Sistem Informasi Persediaan Jamu Madura diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat dalam hal pengelolaan data persediaan jamu Madura.

Kata kunci: Jamu, Laravel, Madura, Persediaan, Sistem Informasi, Waterfall


References


Munir, Muhammad, et al. "Pengaruh Pengetahuan Halal, Kesadaran Halal (Halal Awareness) dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Madura." Agroindustrial Technology Journal 3.2 (2019): 95-109.

Hidayat, Miwan Kurniawan. "Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Puskesmas Babelan I Kabupaten Bekasi." JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan) 4.1 (2019).

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 273–276, 2019.

Fatmawati, Fatmawati, and Jajat Munajat. "Implementasi Model Waterfall Pada Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Pamindo Tiga T)." Jurnal Media Informatika Budidarma 2.2 (2018).

Sari, Ani Oktarini, and Elan Nuari. "Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast (Framework For The Applications)." Jurnal PILAR Nusa Mandiri 13.2 (2017): 261-266.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.

Wahid, Aceng Abdul. "Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi." J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November (2020): 1-5.

Listiyan, Edy, and Egia Rosi Subhiyakto. "Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Di Cv. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah." KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi 1.1 (2021): 74-82.

W. Apriliah, N. Subekti, and T. Haryati, “Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pt. Chiyoda Integre Indonesia Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 2, pp. 34–42, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i2.69.

A. Rifai and Y. P. Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.64.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurniawan, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada SMK Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i4.58.

D. Halomoan and D. Yunita, “rancang bangun aplikasi e-commerce penjualan jamu herbal berbasis website pada usaha jamu herbal dengan menggunakan metode rapid application development (rad),” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 01, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

Ardhiyani, Raysa Puteri, and Herry Mulyono. "Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Sebagai Media Promosi Pada Kabupaten Tebo." Jurnal Manajemen Sistem Informasi 3.1 (2018): 952-972.

Yunita, Irma, and Joni Devitra. "Analisis dan perancangan sistem informasi manajemen aset pada SMK Negeri 4 Kota Jambi." Jurnal Manajemen Sistem Informasi 2.1 (2017): 278-294.

Setiawan, Heru, and Muhammad Qadafi Khairuzzaman. "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek: Sistem Informasi Kontraktor." Jurnal Khatulistiwa Informatika 5.2 (2017).




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v11i1.17249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rika Yunitarini

Indexed By