PEMANFAATAN QR CODE PADA SISTEM TRANSAKSI KULINER BERBASIS WEB (STUDI KASUS : CAFE SOCIETY PROBOLINGGO)

Rendhi Pratama, Rangsang Purnama

Abstract


Café Society adalah salah satu outlet café yang berada di lingkungan kota Probolinggo. Café ini merupakan tujuan beberapa komunitas serta masyarakat sekitar untuk menikmati kopi dan suasana untuk mengobrol. Selama ini sistem di Café Society masih memakai metode pelayanan manual dimana pelayan mencatat di atas kertas. Dari sudut pandang efektivitas, pengambilan tulisan tangan secara manual dapat menyebabkan kesalahan dalam pengambilan data. Pencatatan pesanan Anda di atas kertas akan menjadi tidak akurat saat pesanan Anda tiba. Pelayan masih ceroboh dan kertas pesanan yang mereka pesan tidak sengaja tercecer, sehingga hanya perlu diservis terlebih dahulu setelah pengunjung baru dilayani. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka Café Society membutuhkan aplikasi pemesanan makanan dan minuman berbasis web. Manfaat dari penggunaan teknologi di cafe untuk mengurangi pemakaian kertas serta memberikan informasi tentang makanan dan minuman yang dapat dilihat pengunjung Dari hasil analisis sistem menggunakan metode PIECES khususnya yang berkaitan dengan pemesanan menu pada Café Society yang masih menggunakan cara manual untuk pencatatan pesanan maka diperlukan Aplikasi Pemesanan Online. Aplikasi Pemesanan Makanan Online di Café Society ini dapat diakses secara online oleh admin, bagian kasir, dan pelanggan dengan menggunakan email dan password (bagi pelanggan tidak perlu). Didalam akhir penelitian ini aplikasi pemesanan makanan pada Café Society yang telah dibangun dapat dijalankan melalui website. Berdasarkan hasil pengujian berdasarkan metode black box dengan pihak owner, dapat disimpulkan dalam sistem yang telah bangun sudah sesuai dengan konsep yang diharapkan.

Kata kunci: Aplikasi, Café, Pemesanan, Penjualan, QR code, Web


References


M. S. Rosa A.S, REKAYASA Perangkat Lunak: Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Ed. Revisi. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

J. K. Wibowo and L. W. Santoso, “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Pada Toko Jaya Karya Berbasis Web,” vol. 1. pp. 3–7.

Yuhefizar2008, “10 Jam Menguasai Internet: Teknologi dan Aplikasinya”.

A. Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

F. Jack, Kamus Komputer. Bandung: Informatika Bandung.

L. Madcoms, Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan php-MySQL. Yogyakarta: Andi.

M. R. Arief, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

T. Wahyono, Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

B. Nugroho, Database Relational dengan MySQL. Yogyakarta: Andi.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Kesatu, no. August. Yogyakarta: Andi, 2008.

V. Lusiana, “Sistem Informasi Promosi Batik Tradisional Semarang Berbasis Web,” Jurnal Dinamika Informatika, vol. 1, no. 1. pp. 26–35, 2009.

Sutarman, Buku pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

J. Bernadi, “Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Velg YQ,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 4, no. 2, p. 731, 2013, doi: 10.21512/comtech.v4i2.2504.

D. A. E. Saputri, Falahlah, and T. D. Tambunan, Aplikasi Penjualan Sepatu Lukis Online Berbasis Web Menggunakan Framework. Politeknik Telkom Bandung, 2010.

N. Jatmiko, H. Syahrial, H. M. Misni, and J. S. Informasi, “Analisa dan perancangan sistem informasi dalam layanan penjualan berbasis web pada mall puri indah,” in Seminar, vol. 2010, no. Snati, Yogyakarta, 2010, pp. 1–6.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v11i1.13904

Refbacks



Copyright (c) 2022 Rendhi Pratama, Rangsang Purnama

Indexed By