PENERAPAN METODE USER-CENTER DESIGN (UCD) UNTUK E-COMMERCE INDUSTRI KREATIF

Doni Abdul Fatah, Rifky Maulana Yusron, Irma Dila Febrianti, Okie Maria Amul Husnah

Abstract


Banyak sistem e-commerce dibangun yang ada berfokus pada bisnis, dengan fitur beragam namun tanpa melibatkan pengguna, sehingga belum tentu akan sesuai dengan kebutuhan pengguna baik dari segi antar muka, usability, dan fitur yang ada, informasi yang disajikan, dan beberapa alur proses yang digunakan, karena faktor-faktor tersebut sehingga membuat user dapat juga merasakan kesulitan atau furtasi dalam menggunakan aplikasi tersebut, sehingga menjadi penyebab menurunnya produktifitas pengguna. Sehingga solusinya adalah dengan membuat aplikasi e-commerce yang mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan metode User-Center Design (UCD) diimplementasikan pada UKM Komoditas pangan lokal Madura diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mempermudah proses jual beli serta dapat meningkatkan persaingan bisnis untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa. Penerapan metode UCD menggunakan empat proses Specify the context of use, Specify User and Organizational Requirements, Produce Design Solutions dan Evaluate designs against user requirements. Untuk pengujiannya dilakukan menggunakan Functionality dengan metode black box, untuk usability menggunakan USE Queissionaire skala Likert 1 s.d 7 dengan 30 pertayaan, pengujian dilakukan dengan melibatkan pengguna sebanyak 10 orang terdiri 5 pelaku usaha dan 5 calon konsumen, hasil pengujian Functionality menunjukan hasil bagus karena sistem bekerja sesuai dengan fungsinya tanpa ada kendala, sedangkan pengujian usability USE Queissionaire pada  front end mendapat nilai Usefulness 6.075, Ease of Use 6.236, Ease of Learning 6.30, dan Satisfaction 6.485, sedangkan pengujian pada back end untuk Usefulness 6.475, Ease of Use 6.563, Ease of Learning 6.60, dan Satisfaction 6.542, sehingga sistem secara umum baik karena masih berada pada nilai rata-rata 6 ke atas.


References


Kementrian KUKM, “Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar,” Www.Depkop.Go.Id, vol. 2000, no. 1, p. 1, 2018, [Online]. Available: https://www.kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1617162002_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019.pdf.

A. Prasetyo, “UMKM Sumber Ekonomi Baru Indonesia,” www.mediaindonesia.com, 2017. https://mediaindonesia.com/ekonomi/118207/umkm-sumber-ekonomi-baru-indonesia (accessed May 10, 2021).

www.lalamove.com, “Mengapa UMKM Penting bagi Perekonomian? Ini 4 Alasannya,” www.lalamove.com, 2020. https://www.lalamove.com/indonesia/jakarta/id/blog/4-alasan-bisnis-umkm-penting (accessed May 10, 2021).

Okfalisa, W. Anggraini, and Identiti, Kesiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia Menuju Bisnis Digital, 1st ed. Pekanbaru: UR Press, 2020.

kumparan.com, “Tingkatkan daya saing UMKM melalui teknologi digital,” kumparan.com, 2018. https://kumparan.com/kabarbisnis/tingkatkan-daya-saing-umkm-melalui-teknologi-digital-1540336352944617747/full (accessed May 10, 2021).

A. Sani, N. Wiliani, A. Budiyantara, and N. Nawaningtyas, “Pengembangan Model Adopsi Teknologi Informasi Terhadap Model Penerimaan Teknologi Diantara Umkm,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 151–158, 2020, doi: 10.33480/jitk.v5i2.1055.

We Are Social & Hootsuite, “Indonesia Digital report 2020,” Glob. Digit. Insights, p. 43, 2020.

R. Ardianti, “Perkembangan Adopsi e-commerce dan Implikasinya bagi Manajemen Organisasi Bisnis,” Akunt. dan Keuang. Pulit Petra, no. 2007, 2016.

www.interaction-design.org, “User Centered Design,” www.interaction-design.org, 2021. https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design (accessed May 10, 2021).

N. Babich, “User Centered Design Principles & Methods,” xd.adobe.com, 2019. https://xd.adobe.com/ideas/principles/human-computer-interaction/user-centered-design/ (accessed May 10, 2021).

K. R. Hadi, H. M. Az-zahra, and L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, p. 2743, 2018.

D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android,” vol. 6, no. 1, pp. 661–671, 2014.

K. Aelani and Falahah, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2012 (SNATI 2012), vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.

A. Krisnoanto, A. H. Brata, and M. T. Ananta, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Aplikasi E-Learning Berbasis Android ( Studi Kasus : SMAN 3 Sidoarjo ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6495–6501, 2018.

R. I. Gunawan, Muh Indra Rokhmawati and N. H. Wardani, “Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Menggunakan Pendekatan User Centered Design ( UCD ) dan Card Sorting,” vol. 1, no. 1, 2017.

A. Silva, P. Pinheiro, A. Albuquerque, and J. Barroso, “A process for creating the elicitation guide of non-functional requirements,” Adv. Intell. Syst. Comput., vol. 465, pp. 293–302, 2016, doi: 10.1007/978-3-319-33622-0_27.

Z. Rustamin and A. P. Dewi, “Sistem Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Sekretariat Dprd Provinsi Sulawesi Tenggara Menggunakan Borland Delphi 7,” Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 1, no. 2, pp. 165–172, 2016, doi: 10.51876/simtek.v1i2.21.

D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol. 13, no. 2, pp. 130–143, 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.6584.

M. Younas, D. N. A. Jawawi, I. Ghani, and R. Kazmi, “Non-Functional Requirements Elicitation Guideline for Agile Methods,” J. Telecommun. Electron. Comput. Eng., vol. 9, no. 3-4 Special Issue, pp. 137–142, 2017.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v10i1.12700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Doni Abdul Fatah, Rifky Maulana Yusron, Irma Dila Febrianti

Indexed By