PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE AKADEMIK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) UNTUK PENINGKATAN LAYANAN PENGGUNA (Studi Kasus : Universitas Trunojoyo Madura)

Novi Prastiti, Meidya Koeshardianto, Reyna Apriliana

Abstract


Website adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam sebuah institusi, karena website dapat menggambarkan kondisi institusi tersebut. Universitas Trunojoyo Madura belum melakukan pengukuran terhadap kualitas websitenya. Maka, dalam penelitian ini akan mengukur kualitas website akademik pada Universitas Trunojoyo Madura. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner yang telah dibuat oleh peneliti dengan bersumber Webqual 4.0 terdiri dari variabel bebas yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas layanan interaksi (service interaction quality), selain itu, ada satu variabel terikat yaitu kepuasan pengguna yang diukur dengan satu pertanyaan berupa penilaian kualitas situs secara keseluruhan. Responden dalam penelitian ini adalah dosen, mahasiswa dan administrator yang menjadi responden penelitian ini, dengan pengumpulan sampel sebanyak 645 responden. Teknik analisis menggunakan analisis perbedaan (uji T) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan (gap) antara persepsi aktual dan harapan ideal mahasiswa pada masing-masing dimensi kegunaan, kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas website Universitas Trunojoyo Madura belum sesuai dengan harapan mahasiswa dan Nilai WQI yang di peroleh adalah 0.76, Nilai yang cukup baik karena nilai telah mendekati angka satu. Hasil analisis diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi Universitas Trunojoyo Madura dalam mengembangkan website yang berkualitas sehingga perkembangan website akademik dapat ditingkatkan.

References


D. Kurniadi, “Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital Menggunakan Unified Software Development Process (USDP),” J. Wawasan Ilm., vol. 5, no. 10, pp. 1–16, 2014, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/308938744_Perancangan_Arsitektur_Sistem_E-academic_dengan_Konsep_Kampus_Digital_Menggunakan_Unified_Software_Development_Process_USDP.

A. Subiyakto, A. R. Ahlan, M. Kartiwi, S. J. Putra, and Y. Durachman, “The user satisfaction perspectives of the information system projects,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 215–223, 2016, doi: 10.11591/ijeecs.v4.i1.pp215-223.

M. J. Roche, A. L. Pincus, M. R. Lukowitsky, K. S. Ménard, and D. E. Conroy, “An integrative approach to the assessment of narcissism,” J. Pers. Assess., vol. 95, no. 3, pp. 237–248, 2013, doi: 10.1080/00223891.2013.770400.

M. J. H. Diana Apriliani, Muhammad Fikry, “Analisa Metode Webqual 4 . 0 dan Importance- Performance Analysis ( IPA ) Pada Kualitas Situs Detik.com,” J. Ilm. Merpati, vol. 8, no. 1, pp. 34–45, 2020.

S. J. Barnes and R. Vidgen, “An evaluation of cyber-bookshops: The WebQual method,” Int. J. Electron. Commer., vol. 6, no. 1, pp. 11–30, 2001, doi: 10.1080/10864415.2001.11044225.

J. Martilla and J. James, “Importance-Performance Analysis: An easily applied technique for measuring attribute importance and performance can further the development of effective marketing programs.,” Journal of Marketing, vol. 41, no. 1. pp. 77–79, 1977.

Syofian Siregar, “Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss.,” Kencana Prenada Media Group, 2013.

J. Ritchie, J. Lewis, C. M. Nicholls, and R. Ormston, “he foundations of qualitative research. Qualitative research practice: A guide for social science students and researchers,” Qual. Res. Pract. A Guid. Soc. Sci. Students Res 2013.

C. Chiran Jayasundara, “User perceptions and expectations on e-Information literacy development Programmes: a gap analysis,” Rev. Orb., vol. 4, no. 10, pp. 81–94, 2008.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v10i1.12168

Refbacks



Copyright (c) 2022 Novi Prastiti

Indexed By