Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process dalam Pemilihan Radar Udara 3D

Arifin Setiawan, Wiedo Ananto, Totok Soehartanto

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang senantiasa dihadapkan pada pilihan dari berbagai pilihan, terkait proses pengambilan keputusan diperlukan penentuan prioritas dan uji konsistensi terhadap pilihan-pilihan yang telah dilakukan. Dalam situasi yang kompleks, pengambilan keputusan tidak dipengaruhi oleh satu faktor saja melainkan multifaktor dan mencakup berbagai jenjang maupun kepentingan. Pengambilan keputusan oleh para pimpinan seringkali dihadapkan pada permasalahan yang sulit karena beragamnya kriteria pengambilan keputusan, bobot pertimbangan dan pilihan alternatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengambilan keputusan secara Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode Analytical Hierrchy Process (AHP) digunakan untuk mencari rangking atau urutan prioritas dari berbagai alternatif dalam pemecahan suatu permasalahan. Metode ini membantu dalam memecahkan persoalan yang kompleks dengan menstruktur suatu hirarki kriteria, pihak yang berkepentingan, dan hasil dengan menarik berbagai pertimbangan guna mengembangkan bobot atau prioritas. KRI sebagai bagian dari alutsista TNI AL, seluruhnya menggunakan Radar (Radio Detection and Ranging) yang berfungsi sebagai peralatan deteksi sasaran, baik sasaran permukaan maupun sasaran udara. Radar bekerja dengan memancarkan dan menerima kembali gelombang elektromagnetik untuk selanjutnya diproses menjadi sinyal video yang kemudian ditampilkan sebagai echo pada layar display. (Skolnik, 2001) Penelitian ini didasari oleh permasalahan belum optimalnya cara kerja Radar 3D pada KRI Kelas Bung Tomo (MRLF-Multi Role Light Fregate). Permasalahan ini berdampak pada kemampuan operasional KRI, sehingga diperlukan kajian lebih lanjut dengan cara membandingkan karakteristik statik, keandalan dan kompleksitas Radar Udara 3D Smart S MK2, MW-08 dan AWS-09. Hasil akhir adalah Radar Udara 3D Smart S MK2 merupakan Radar Udara terbaik untuk KRI Kelas Bung Tomo karena memiliki keunggulan dalam jarak jangkau dan sensitivitas.

Keywords

Eigen Value; Consistenci Index; Random Index; Consistenci Rasio

Full Text:

PDF

References

Skolnik, (2001), Radar Handbook, “An Introduction to Radar”.

Jenn David,(2016) Radar Fundamental, Department of Electrical & Computer Engineering, NPS.

Talitha Tita, (2015), Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pemilihan Asisten Praktikum, SEMANTIK.

Saaty, Thomas L., (2013), AHP Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi Yang Kompleks.

Saaty, (1990), Multicriteria Decision Making: The Analytic Hierarchy process-Planing Prioroty Setting. Resource Allocation. McGraww-Hill, New York.

Thomas L. Saaty, (2010), Analytic Hierarchy Process. Prosiding: Jurnal. Vol. VI of the AHP Series, , 478 pp., RWS Publ., 2000 (revised). ISBN 0-9620317-6-3.

Wijono Djoko, (2015), Penggunaan Metode analytic Hierarchy Process Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Program Kerja Dompet Dhuafa Yogyakarta.pdf

Ariyanto, (2014), Analisis Pengaruh Kompensasi dan Keputusan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Wiraniaga Suzuki PT Restu Mahkota Karya Jakarta.pdf

Jimbrong, G. (2010). Bab III (Sistem Pengukuran). Malang: Univ Negeri Malang.

Liana Setiono . (2006). AHP untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi Yang Kompleks.pdf.

Musrifah, S. (2014). Statistik Parametrik dan Non Parametrik serta Uji Beda. Jember: Universitas Jember.

Nazir, M. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghakia Indonesia.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rusydianan, A. S. (2013). Analytic Hierarchy Process : Pengantar Teori dan Aplikasi.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i1.6778

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arifin Setiawan, Wiedo Ananto, Totok Soehartanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.