Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

Doni Abdul Fatah

Abstract

Aplikasi mobile Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan aplikasi yang memberikan peringatan dini cuaca. Informasi peringatan dini tersebut skalanya tidak hanya sebatas provinsi, tetapi hingga tingkat kecamatan. Namun ketika informasi yang ditampilkan dalam aplikasi masih kurang jelas untuk dipahami pengguna serta kemudahan dan kenyaman pengguna belum sesuai tujuan pembuatan aplikasi maka perlu dilakukan redesign pada aplikasi mobile BMKG tersebut dengan mengacu pada 8 rule panduan (Eight Golden Rules) untuk desain interaksi, serta pengujian menggunakan Kuesioner Usability SUS (System Usability Scale) yang berisi 10 pertanyaan terkait aplikasi dengan melakukan wawancara kepada responden terhadap apikasi tersebut, dari hasil yang didapatkan pada pengujian menggunakan prinsip Eight Golden Rules terdapat tiga point yang belum maksimal mulai dari Design dialogue to yield closure, Support internal locus of control, dan Support internal locus of control, kemudian pengujian menggunakan SUS yang dilakukan secara 2 kali, untuk yang pertama terhadap desain asli dari aplikasi mobile BMKG dengan skor rata-rata 60 menunjukan tingkat penerimaan pengguna Marginal Low, sedangkan grade skala masuk kategori D dan Adjective rating kategori OK, dari hasil dilakukan usulan desain perbaikan sesuai dengan masukan yang telah didapatkan dari para responden kemudian pengujian yang ke dua dengan metode Perhitungan SUS mendapatkan skor rata-rata 80,25 dapat disimpulkan tingkat penerimaan pengguna kategori Acceptable, pada Tingkat grade skala kategori B, serta untuk Adjective rating kategori Excellent, sehingga usulan desain aplikasi mobile BMKG dapat digunakan dengan mudah dan pengguna tidak merasa kebingungan terhadap desain hasil perbaikan untuk mendapatkan layanan informasi cuaca yang diberikan.

 

Usability Evaluation and Improvement of Mobile Application Design Using Usability Testing with a Human-Centered Design (HCD) Approach

Meteorology, Climatology, and Geophysics (BMKG) mobile application is an application that provides weather early warning. The early warning information is not only limited to the province, but also to the sub-district level. But when the information displayed in the application is still not clear enough to be understood by the user and the ease and comfort of the user is not in accordance with the purpose of making the application, it is necessary to redesign the BMKG mobile application by referring to the 8 rule guidelines (Eight Golden Rules) for interaction design, as well as testing using SUS Usability Questionnaire (System Usability Scale) which contains 10 questions related to the application by conducting interviews with respondents of the application, from the results obtained in testing using the principles of the Eight Golden Rules there are three points that have not been maximal starting from Design dialogue to yield closure, Internal Support locus of control, and internal support locus of control, then testing using SUS is done twice, for the first to the original design of the BMKG mobile application with an average score of 60 shows the level of acceptance of Marginal Low users, while the grade scale is in the D category d an Adjective rating category OK, from the results of the proposed improvement design in accordance with the input that has been obtained from respondents then the second test with the SUS Calculation method to get an average score of 80.25 can be concluded on the acceptability ranges included in Acceptable, on the grade scale get a value of B, and for Adjective Rating included in Excellent, so that the proposed BMKG mobile application design can be used easily and users do not feel confused about the design of the results of improvements to get weather information services provided.

Keywords

Eight Golden Rules; Interaction; Mobile; System Usability Scale; Usability

References

Akbar, G. S., Kaburuan, E. R., & Effendy, V. (2018). User interface (UI) design of scheduling activity apps for autistic children. Proceedings of the 2017 International Conference on Orange Technologies, ICOT 2017, 2018-Janua, 129–133. https://doi.org/10.1109/ICOT.2017.8336105

Akhsan, A. A., & Faizah, F. (2017). Analisis dan Perancangan Interaksi Chatbot Reminder dengan User-Centered Design. Jurnal Sistem Informasi, 13(2), 78. https://doi.org/10.21609/jsi.v13i2.555

Bangor, A., Staff, T., Kortum, P., Miller, J., & Staff, T. (2009). Determining what individual SUS scores mean: adding an adjective rating scale. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale, 4(3), 114–123.

BMKG. (2016). Panduan Pengguna Aplikasi Mobile Info BMKG. Bmkg.Go.Id, 1. Retrieved from http://apps.bmkg.go.id/panduan/android/

Brooke, J. (2014). SUS - A quick and dirty usability scale. Journal of Drugs in Dermatology, 13(5), 531–536. https://doi.org/10.4236/9781618961020_0002

Fanani, Lutfi, Ananta Tri , Mahardeka, Candra Brata, K. (2018). Penerapan User-Centered Design dalam Pengembangan Aplikasi Pencarian Gedung Berbasis Android. Cybernetics, 2(02), 225. https://doi.org/10.29406/cbn.v2i02.1156

Farooqui, T., & Rana, Tauseef, Jafari, F. (2019). Impact of Human-Centered Design Process (HCDP) on Software Development Process. 2019 2nd International Conference on Communication, Computing and Digital Systems, C-CODE 2019, 110–114.

Forte, Jonas, Darin, T. (2017). User Experience Evaluation for User Interface Redesign: A Case Study on a Bike Sharing Application. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10290 LNCS, 347–356. https://doi.org/10.1007/978-3-319-58640-3_44

Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan ( Usability ) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus : Duta Wacana Internal Transaction ( Duwit ). Juisi, 02(01), 49–55.

Jelita Ardhiyani, A. M. B. (2015). Analisis User Interface Media Pembelajaran Pengenalan Kosakata Untuk Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 45–53.

Junus, I. S., Santoso, H. B., Isal, R. Y. K., & Utomo, A. Y. (2015). Usability evaluation of the student centered e-Learning environment. International Review of Research in Open and Distance Learning, 16(4), 62–82. https://doi.org/10.19173/irrodl.v16i4.2175

Laily, A. N., Rokhmawati, R. I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD) ( Studi Kasus : Djarum Beasiswa Plus ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(9).

Nurhadryani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., & Khotimah, H. (2013). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 2(2), 83. https://doi.org/10.29244/jika.2.2.83-93

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. 6(1), 661–671.

Rasmila. (2018). Evaluasi Website Dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Palembang. JUSIFO : Jurnal Sistem Informasi, 02(Vol 2 No 1 (2018): JUSIFO), 108–121. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/2445

Sabandar, V. P., & Santoso, H. B. (2018). Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing. Teknika, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.81

Santoso, H. B., Schrepp, M., Yugo Kartono Isal, R., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2016). Measuring user experience of the student-centered E-learning environment. Journal of Educators Online, 13(1), 1–79.

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2017). An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS). 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 145–148. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872776

Shneiderman B., P. C. C. M. J. S. E. N., & Diakopoulos, N. (2016). Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction, 6th Edition. JASIST, 61, 1073–1074. https://doi.org/10.1002/asi.21215

Wardhana, S. R., Purwitasari, D., & Rochimah, S. (2016). Analisis Sentimen Pada Review Pengguna Aplikasi Mobile Untuk Evaluasi Faktor Usability. Jurnal Sistem Dan Informatika, 11(1), 128–136. Retrieved from http://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/96/88

Wedayanti, N. L. P. A., Wirdiani, N. K. A., & Purnawan, I. K. A. (2019). Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal MERPATI, 7(2), 113–124.

Yatana Saputri, I. S., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269–278. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.269-278

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i2.6584

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Doni Abdul Fatah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.