Perancangan Thermoelectric Generator (TEG) sebagai Sumber Energi Terbarukan

Faikul Umam, Hairil Budiarto, Sri Wahyuni

Abstract

Abstrak: Kebutuhan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik semakin meningkat, sehingga cadangan bahan bakar semakin menipis. Energi listrik merupakan energi yang sangat mudah untuk dipergunakan, karena sangat mudah dikonversi menjadi bentuk energi lain dengna mudah dan efisien. Pemerintah telah mencanangkan untuk berhemat energi dan memberikan program program perancangan energi terbarukan melalui perubahan energi matahari, angin, air dan biomassa. Penelitian energi terbarukan pada solar cell, micro hydro dan biomassa telah banyak dilakukan, isu terkini pada energi terbarukan adalah pemanfaatan panas buang (waste heat), pada dunia industri dan permesinan seperti automobiles, boilers dan radiator pada mobil dan kapal banyak menyumbang panas yang terbuang. Thermoelectric generator (TEG) merupakan jenis semikonduktor yang dapat menghasilkan tegangan berdasarkan perbedaan temperatur yang melewati kedua sisi alatnya. Perancangan media ajar energi terbarukan dengan memanfaatkan Thermoelectric generator (TEG) akan menggunakan dua jenis fluida yaitu fluida panas da fluida dingin, untuk membangkitkan fluida panas digunakan heater dan untuk fluida dingin akan menggunakan air es. Metode pada penelitian ini adalah eksperimental dari 5 TEG yang disusun secara seri dan di paralel dengan 5 TEG berikutnya. Data hasil percobaan bahwa media ajar TEG dapat menghasilkan tegangan 9,20 volt pada kondisi fluida panas pada temperatur 64oC dan fluida dingin pada temperatur 11oC, sedangkan perbedaan temperatur (ΔT=53oC).

Keywords

media ajar; energi terbarukan; TEG

Full Text:

PDF

References

Cengel, Yunus A. (2003). Heat transfer: A practical approach (2nd ed.). New York: McGrow-Hill.

Date, Ashwin. et.al. (2015). Theoritical and experimental estimation of limiting input heat flux for thermoelectric power generators with passive cooling. Solar Energy, 111, 201-217.

E.F. Thacher, B.T. Helenbrook M.A Karri, “Exhaust energy conversion by thermoelectric generator. Two case studies,”Elsevier. November 2010.

G Rohit, D Manaswini, Vinod Kotebavi, Nagaraja S.R,”Performance Study of Thermo-Electric Generator”, International conference on functional materials, characterization, solid state physich, power, thermal and combustion energy. AIP Conf. Proc. 1859,02094-6; doi:10.1063/1.4990247. Published by AIP Publishing.

Ismail, Basel I. Wael H. Ahmed. Thermoelectric Power Generation Using Waste-Heat Energy as Alternative Green Technology. Recent Patents on Electrical Engineering. 2009.

Jorge Vázquez, Miguel A. Sanz-Bobi, Rafael Palacios, Antonio Arenas “State of the Art of Thermoelectric Generators Based on Heat Recovered from the Exhaust Gases of Automobiles

Rislima Sitompul, “Teknologi Energi Terbarukan yang Tepat Untuk Aplikasi di Masyarakat Perdesaan (Manual Pelatihan)” DANIDA, International Development Cooperation, 2011.

Sugiyanto, Muh Tarum N Umam, Endra Suciawan, “Rancang Bangun Kontruksi TEG (thermoelectric Generator) pada knalpot Sepeda Motor Untu Pembangkit Listrik Mandiri”. Forum Teknik Vol. 36,No.1, Januari2015.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v10i2.6345

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Faikul Umam, Hairil Budiarto, Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.