Model Jaringan Transportasi Laut Angkutan Gas Alam Cair untuk Pembangkit Listik di Indonesia Bagian Timur
Abstract
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada rata rata 5,8% per tahun tidak hanya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum tetapi juga peningkatan kebutuhan tenaga listrik. PT PLN (Persero) telah mengantisipasi peningkatan permintaan tenaga listrik dengan membuat rencana pengembangan pembangkit listrik. Studi ini bertujuan untuk menentukan model transportasi terpadu angkutan gas alam cair (Liquid Natural Gas (LNG)) untuk pembangkit di Kawasan Timur Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode optimasi untuk mendapatkan tipe kapal yang sesuai pada rute terpilih yang memberikan biaya satuan minimum. Hasil optimasi menunjukkan bahwa distribusi gas alam cair ke pembangkit listrik di Indonesia bagian timur adalah dengan suplai langsung dari Kilang Tangguh ke pembangkit listrik di Sorong dengan unit biaya sebesar Rp230.000/m³, 6 pembangkit listrik disuplai melalui Hub Ambon dengan biaya satuan sebesar Rp280.000/ m³, 7 pembangkit listrik disuplai melalui Hub Ternate dengan unit biaya satuan terendah adalah tujuan Tidore sebesar Rp230.000/ m³ dan 5 sisanya akan disuplai melalui Hub Manokwari dengan biaya satuan terendah adalah tujuan Biak sebesar Rp340.000/ m³.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. Hashimoto, S. Yoneda, Y. Tahara and E. Kobayashi, "CFD-Based Study on the Prediction of Wave-Induced Surge Force," Ocean Engineering, vol. 120, pp. 389-397, 2016.
M. Iqbal and G. Rindo, "Pengaruh Anti-Slamming Bulbous Bow Terhadap Gerakan Slamming Pada Kapal Perintis 200 DWT," KAPAL, vol. 13, no. 1, pp. 45-54, 2016. [Online]. DOI: 10.12777/kpl.13.1.45-54 [Diakses 9 Februari 2017].
Aritonang, Supriyadi, & Silalahi, “Energy Diversification Indonesian Railways,” Pertahanan, Vol. 2, No. 3, pp. 193-212, 2016. [Online]. Issn: 2087-9415. [Online]. DOI: 10.3390.
Arif Rakhmawan, Widodo W. Purwanto, “Optimisasi Rantai Suplai Mini LNG untuk Pembangkit Listrik di Wilayah Indonesia Timur”, Teknik Kimia, Universitas Indonesia, 2014.
Philip Ejoor Agbonifo, “Natural Gas Distribution Infrastructure and The Quest for Enviromental Sustainability in The Niger Delta: The Prospect of Natural Gas Utilization in Nigeria,” Energy Economics and Policy, Vol. 6, No. 3, pp. 442-448, 2016. ISSB: 2146-4553.
Guzel, “LNG Supply chain analysis and optimisation if Turkey’s natural gas need with LNG import,” (2011). World Maritime University Dissertations. 44.
Muhammad Rum Pandu Nuswantara, Wiryawan Priharnanto, Gede Wibawa,” Regasification of LNG (Liquified Natural Gas), vol. 3, No. 2, pp. 149-152, 2014. [Online]. ISSN: 2337-3539.
Randeep Agarwal, Thomas J. Rainey, S.M. Ashrafur Rahman, Ted Steinberg, Robert K. Perrons and Richard J. Brown., “LNG Regasification Terminals: The Role of Geography and Meteoroly on Technology Choices” Energies, 2017, doi: 10.3390/EN10122152.
Nurhadi Budi Santoso, “Pemanfaatan LNG Sebagai Sumber Energi di Indonesia,” Rekayasa Proses, Vol. 8, No. 1, 2014.
O. M. Faltinsen, Hydrodynamics of High-Speed Marine Vehicle, Cambridge: Cambridge University Press, 2005
W. S. Vorus, "Vibration," in Principle of Naval Architecture Series, Jersey City, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 2010
M. Iqbal and I. K. A. P. Utama, "An Investigation into the Effect of Water Depth on the Resistance Components of Trimaran Configuration," in The 9 th International Conference on Marine Technology, Surabaya, 2014.
DOI
https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i1.5930Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Irwan Tri Yunianto, Eka Wahyu Ardhi, Desy Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.