Pemanfaatan Google Classroom dalam Penilaian Autentik Studi Kasus SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Google Classroom dalam penilaian autentik di kelas VI SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan Google Classroom dalam penilaian autentik di kelas VI SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember yang dibagi menjadi sub focus sebagai berikut: 1) Membuka Google Classroom 3) Pelaksanaan Penilaian menggunakan Google Classroom, 3) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan google Classroom. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan prosedur analisis data kualitatif yang terdiri dari: kondensasi data, penyajian data, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian autentik pembelajaran tematik Bahasa Indonesia dan IPA dapat menggunakan Google Classroom. Penilaian meliputi penilaian sikap dengan observasi dan penilaian antara teman, penilaian pengetahuan menggunakan tes tulis, lisan dan penugasan serta penilaian ketrampilan dengan melakukan penilaian terhadap kinerja, proyek, produk, fortofolio dan ketrampilan diskusi. Kendalanya antara lain siswa kesulitan dalam mengaplikasikan google classroom karena belum terbiasa dan orang tua siswa harus diberi pemahaman terlebih dahulu.
Using of Google Classroom in Authentic Assessment
Case Study at SD Sidomulyo 05 Silo, Jember
ABSTRACT
This study aims to describe the use of Google Classroom in authentic assessment in class VI of Sidomulyo 05 Silo Public Elementary School, Jember Regency. The focus of this research is how the use of Google Classroom in authentic assessment in class VI SD Negeri Sidomulyo 05 Silo, Jember Regency which is divided into sub-focus as follows: 1) Opening Google Classroom 3) Implementation of Assessment using Google Classroom, 3) Constraints faced in utilization Google Classroom. The approach in this research is qualitative research, with descriptive methods. In comparison, the object of research is Sidomulyo Public Elementary School 05 Silo, Jember Regency. The data collection techniques using observation, interviews, and documentation techniques with data analysis using qualitative data analysis procedures are consisting of: data condensation, data presentation, and conclusion/verification. The results showed that the authentic assessment of Indonesian thematic learning and science could use Google Classroom. Assessment includes attitude assessment by observation and assessment between friends, assessment of knowledge using written, oral, and assignment tests as well as an assessment of skills by evaluating performance, projects, products, portfolio, and discussion skills. The obstacles include the difficulty of students in applying Google classroom because they are not familiar, and the parents of students are given an understanding first.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aiman, U. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013; Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah.
Andi, P. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. In Kencana.
Astriyandi, A., Chotimah, U., & Faisal, E. El. (2016). Kemampuan guru menerapkan penilaian autentik dalam pembelajaran ppkn. Jurnal Bhineka Tunggal Ika.
Bogdan, B. & Biklen. (2003). Qualitative Research for Education. Boston: Allyn & Bacon, Inc.
Calista, W. (2019). Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Tema Sumber Energi Kelas III Di MI Negeri 1 Yogyakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.450
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924
Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Pesrta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. In Jurnal Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21009/JEP.022.05
Miles, Huberman, & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. California: Sage publication Inc.
Mulyadin, M. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama.
Munawati, S. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Osman, Z., Sarudin, A., Janan, D., & Janan, D. (2016). Keberkesanan Pendekatan Autentik Dalam Meningkatkan Tahap Penulisan Karangan Pelajar. Pendeta: Jurnal Bahasa, Pendidikan Dan Sastera Melayu, 7, 142–155.
Permendikbud No 104. (2014). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum.
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. In Kencana.
Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas Vb Sd Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Ramlah, & Awaru, A. O. T. (2020). Penggunaan smartphone dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Wajo). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi.
Soebarna, A., Juditya, S., & Gunawan, G. (2017). Penilaian Autentik (Authentic Assesment) dalam Pembelajaran Penjas. JURNAL PENJAKORA. https://doi.org/10.23887/PENJAKORA.V4I1.11757
Soematri, M., & Nana Syaodih. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Soni, S., & Hafid, A. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Googleclassroom sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2(1).
Ulum, B., Fantiro, F. A., & Rifa’i, M. N. (2019). Pemanfaatan Google Apps di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 22–31. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.843
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Googgle Classroom di Sekolah Dasar.
Yubali, A. (2013). Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013 . Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, 742–749.
Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
DOI
https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i2.5904Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ratih Wulandari, Asri Widiatsih, Syamsul Muarif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.