SISTEM PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM DI PT KARUNG EMAS MANYAR GRESIK

Anik Rufaid, Mohamad Iqbal Vidianto

Abstract

PT. Karung Emas adalah perusahaan penunjang bagi industri atau perusahaan lain dikarenakan karung adalah komponen utama dalam proses pengemasan hasil akhir suatu produk.Pengukuran kinerja sangat penting bagi perusahaan, dengan mengukur kinerja, perusahaan dapat melakukan analisa apakah perusahaan berjalan pada arah yang benar atau tidak dalam mencapai tujuan perusahaan. Dengan mengunakan metode Performance Pirsm dalam pengukuran kinerja pada PT Karung Emas sistem pengukuran kinerja menjadi terintergrasi dan komprehensif dimana dalam penentuan Key Performance indicator pada PT Karung Emas ini mengidentifikasi 5 sisi Performance Prism yaitu stakeholder kebutuhan, stakehoder konribusi, strategi, proses dan kapabilitas.Hasil peneitian menunjukan terdapat 24 KPI untuk kinerja kebutuhan stakeholder, 24 KPI kontribusi stakeholder, 15 KPI kinerja strategi, 15 KPI kinerja proses, 15 KPI kinerja kapabilitas. Terdapat lima KPI yang harus dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yaitu KPI kebutahan stakeholder dari konsumen, KPI kontribusi stakeholder dari investor , KPI strategi dari masayarakat, KPI proses dari konsumen dan KPI kapibiitas dari konsumen.

Keywords

Pengukuran Kinerja, Performance Prism, Stakeholder, Key Performance Indicator.

Full Text:

PDF

References

Armstrong, Michael, 2004. Performance Management . Tugu. Jogjakarta

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik.Jakarta: Erlangga.

Dania, Wike Agustin Prima. 2012. Analisis Pengukuran Korporasi Menggunakan Metode Performance Prism. Malang: Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 13. No. 1:67-77

Firdaus, Dzulchis. 2014. Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Balance Scorecard. Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vo.3 No.8

Insukindrodan, A. 1999. Pemilihan dan Fungsi Empirik: Studi Kasus Perminatan Uang Kartal Riil di Indonesia. Jakarta: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 14,No. 4:49-61.

Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetiti. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, Welin. at all. 2006. Perancangan dan Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Metode Performance Prism di PT. Kangsen Kenko Indonesia Cabang Surabaya. Surabaya: Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi III

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mulyadi. 2007.Sistem Akuntansi, Jakarta :Selemba Empat.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Neely, A.D., and Adams, C.A. 2000. Perpectives on Performances: The Performance Prism, Centre for Business Performance, Cranfield School of Management, UK.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v11i1.4124

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Anik Rufaid, Mohamad Iqbal Vidianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.