PENERAPAN MODEL STRATEGI BISNIS PADA KOPERASI SYARIAH

Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti

Abstract

Koperasi BMT Syariah Jawa Timur merupakan salah satu koperasi yang pengelolahannya berbasis syariah terletak di daerah Gresik, Jawa Timur. Biasanya usaha koperasi berkembang menjadi lembaga keuangan mikro berbasis syariah dalam bentuk koperasi jasa keuangan syariah (KJKS), Koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPS) atau Unit Simpan Pinjam Syariah (USPS) yang biasanya menggunakan nama Baitul Mal Wat Tamwil (BMT). Selama ini koperasi BMT menemui banyak kendala yang ada di masyarakat seperti rendahnya kesadaran masyarakat dalam berkoperasi, kesan negatif dari koperasi BMT, tingkat kepercayaan nasabah terhadap lembaga yang rendah, keterbatasan cakupan pasar dan lain-lain. Salah satu solusi dapat dilakukan yaitu dengan cara merumuskan model strategi bisnis. Model strategi bisnis ini mempunyai tiga tahap yaitu tahap masukan, pencocokan dan pengambilan keputusan. Matriks-matriks yang digunakan pada penelitian ini adalah IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), CPM (Competitive Profile Matriks), SWOT, SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), BCG (Boston Consulting), Matriks IE (Internal-External), Grand Strategy Matrix, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian ini adalah beberapa alternatif strategi diantaranya adalah Strategi 3 (S3) yaitu memperbaiki citra koperasi syariah BMT, Strategi 1 (S1) Meningkatkan partisipasi, Strategi 6 (S6) menjalin hubungan kemitraan dengan lembaga keuangan, Strategi 10 (S10) yaitu memperkenalkan macam-macam produk dan strategi 2 (S2) Memperluas pasar. Tahap selanjutnya tahap arsitektur strategi yang merupakan tahap menuju tahap pengembangan, tahap kegiatan pengembangan bisnis dan tahap mempertahankan usaha.

Keywords

Koperasi BMT, Manajemen Strategi, Konsep Fred David

Full Text:

PDF

References

Adnan, M. 2012. Business Plan Project Pendirian Koperasi Jasa Keuangan Syariah “Mitra Maju Sejahtera” Rencana Operasional dan Sumber Daya Manusia.Tesis. Jakarta & Universitas Indonesia.

Chozin, 2006. BMT Syariah Jawa Timur. Standar Operasional Prosedur, Lamongan: BMT Syariah Jawa Timur. (diakses Gresik, 9 Maret 2013; 09.00)

David, 2004. Manajemen Strategis Konsep-konsep. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

David. 2009. Manajemen Strategi. Edisi ke-10. Jakarta: Salemba Empat.

Harmoyo, 2007. BMT Syariah Sejahtera. Standar Operasional Prosedur, Boyolali: BMT Syariah Sejahtera. (diakses Gresik, 13 Maret 2013; 07.18).

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation. New Jersey: John Wiley and Sons, Inc

Rangkuti, F. 2000. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yoshida, D T. 2006. Arsitektur Strategi. Jakarta. PT. Gramedia

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v11i1.4121

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.