APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN TAMBAK GARAM DI KABUPATEN SIDOARJO

Dwi Budi Wiyanto, Dyah Ayu Sulistiorini

Abstract

Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk memetakan lahan tambak garam yang juga dapat diisi oleh banyak informasi dari pemilik, produksi, serta luasan dari tiap petak tambak garam sehingga nantinya dapat menjadi suatu informasi yang lengkap untuk keperluan database pemerintah maupun instansi terkait. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan potensi lahan tambak garam di wilayah Kabupaten Sidoarjo serta mengetahui cakupan luas lahan produksi tambak garam di Kabupaten Sidoarjo. Hasilnya menunjukkan bahwa luas lahan tambak garam di Kabupaten Sidoarjo adalah 351,59 Ha dengan 162,5 Ha diantaranya adalah lahan produktif. Analisa yang dilakukan terhadap trend produksi garam di Kabupaten Sidoarjo menunjukkan hasil yang berfluktuatif pada periode tahun 2000 hingga 2016. Fluktuasi produksi ini diakibatkan oleh perubahan kondisi cuaca. Rendahnya produksi garam pada tahun 2005 dan 2010 diduga sebagai akibat dari pengaruh adanya musim hujan dengan periode yang panjang.

Keywords

Sistem Informasi Geografis, Tambak Garam, Sidoarjo

Full Text:

PDF

References

Purbani, D . 2006. Buku Panduan Pembuatan Garam Bermutu. Badan Riset Kelautan dan Perikanan Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Nonhayati.

Purbani, D. 2011. Proses Pembentukan Kristalisasi Garam. Trisakti Geology, Vol. 84, Hal 1-17.

Tambunan, R.B., Hariyadi & Santoso A. 2012. Evaluasi Kesesuaian Tambak Garam Ditinjau dari Aspek Fisik di Kecamatan Juwana Kabupaten Pa. Journal of Marine Research, Vol.1, No.2, Halaman 181-187.

Wirjodirjo, B. 2004. Skenario Kebijakan Pengembangan Pergaraman Nasional Dalam Usaha Mengurangi Ketergantungan Luar Negeri: Suatu Penghampiran Model Sistem Dinamik. Jurnal Eksekutif, Vol I(1), April 2004

Zhiling J., & Guangyu Y. 2009. The Promotion of Salt Quality Trough Optimizing Brine Concentration A New Technique “Bidirectional Brine Concentration”. Journal of Global NEST 11(1):58-63.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v11i1.4119

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dwi Budi Wiyanto, Dyah Ayu Sulistiorini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.