Papan Pergantian Pemain Sepak Bola Berbasis Digital Menggunakan IC4072 dan IC7447

Teguh Arifianto

Abstract

Semua rangkaian elektronika pada umumnya menggunakan komponen tabung hampa (vaccum tube) atau komponen diskrit seperti dioda dan transistor. Terkait dengan perkembangan teknologi dalam bidang elektronika, baik rangkaian maupun komponen mengalami perkembangan yang begitu pesat. Sehingga setiap rangkaian elektronika dibentuk oleh komponen semikonduktor yang disebut sistem digital. Di dalam dunia olahraga, konsep digital dapat diterapkan. Salah satunya adalah olahraga sepak bola. Di dalam sepak bola, papan angka sangat dibutuhkan. Hal tersebut untuk memudahkan pergantian pemain oleh sebuah tim. Sebagian stadion di Indonesia masih menggunakan papan pergantian pemain secara manual. Dalam perkembangan rangkaian pergantian pemain saat ini masih menggunakan mikrokontroler. Namun, di dalam rangkaian mikrokontroler tersebut terdapat banyak kelemahan antara lain, efisiensi penggunaannya kurang begitu baik karena hanya untuk menampilkan angka 0 sampai 9 menggunakan bahasa pemrograman komputer. Penggunaan papan angka berbasis IC (Integrated Circuit) lebih sederhana karena dalam pembuatannya tidak memerlukan bahasa pemrograman hanya menggunakan rangkaian dasar elektronika. Apabila dalam kerusakannya lebih mudah ditangani dan tidak membutuhkan banyak biaya dan waktu. Rangkaian ini merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah penggantian pemain sepak bola berbasis digital dengan tampilan berupa angka pada seven segment.

Kata Kunci: rangkaian elektronika, dioda, transistor, sistem digital, sepak bola, mikrokontroler, IC (Integrated Circuit), seven segment

Keywords

rangkaian elektronika; dioda; transistor; sistem digital; sepak bola; mikrokontroler; IC (Integrated Circuit); seven segment

Full Text:

PDF

References

A. D. W. Sumari. “Teknologi Integrated Circuit (IC) : Menuju Airforce Industry”. 1999.

D. Rusmadi. “Digital & Rangkaian”. Bandung: CV.Pionir Jaya. 2000.

F. Kurniawan. “Sistem Digital Konsep dan Aplikasi”. Yogyakarta: Gava Media. 2005.

L. R. Tokheim. “Elektronika Digital”. Jakarta: Erlangga. 1990.

Modul Praktikum Rangkaian Digital. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Modul Praktikum Sistem Digital. Laboratorium Sistem Digital, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Trunojoyo. 2010.

Modul Teknik Digital. Laboratorium Teknik Digital, Yayasan Sandhykara Putra Telkom, SMK Telkom Sandhy Putra Malang. 2008.

P. Allen. “The Practice of Analog IC Design”. IEEE Santa Clara Valley Solid-State Circuits Chapter. May 13, 2004.

P. I. Santoso. “Teknik Digital”. Yogyakarta: Andi. 2001.

S. Febriyanto, R. Regustus. “Analisis Gerbang Logika Analog NOR Dengan Software Simulasi EWB512”. Laboratorium Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Bengkulu. 2008.

S. W. Jones. “Introduction to Integrated Circuit Technology (Fourth Edition)”. IC Knowledge LLC.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v10i1.3603

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teguh Arifianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.