Jumlah Koloni pada Media Kultur Bakteri yang Berasal dari Thallus DAN Perairan Sentra Budidaya Kappaphycus Alvarezii di Sumenep

Apri Arisandi

Abstract

Kappaphycus alvarezii merupakan salah satu rumput laut yang banyak diminta oleh pasar internasional, tetapi saat itu terjadi kegagalan budidaya akibat bakteri pathogen. Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui kelompok bakteri apa yang menginfeksi rumput laut (Kappaphycus alvarezii). Penelitian ini dilakukan dengan kultur bakteri yang berasal dari thallus dan perairan pada media PCA, selanjutnya dilakukan pengujian angka lempeng total (ALT).  ALT menunjukkan jumlah koloni bakteri yang mendominasi pada suatu media kultur.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah koloni bakteri yang berasal dari media perairan lebih tinggi dibanding yang berasal dari thallus Kappaphycus alvarezii

Keywords

bakteri, kappaphycus

References

Andrito, W., 2007. Karaterisasi molekuler bakteri probiotik pada saluran skrining bakteri Vibrio Sp asli Indonesia. Pencernaan ikan kerapu bebek (Chromileptes altivelis) Berbasis Teknik 16 S rDNA. Skripsi, Faperika Universitas Riau.

Ansori M. 2007. Analisa Jumlah Bakteri dan Keberadaan Esoherichis Coli Pada pengolahan ikan teri nasi Stolephosus spp di PT. Kelola Mina Laut Unit Sumenep. Universitas Trunojoyo Madura.

Aslan LM. 2006. Budidaya Rumput Laut. Konisius. Yogyakarta. 97 hal.

Buchanah, R.E. and Gibbons, N.E. 1974., Bergey's manual of determinative bacteriology 8th edition. Baltimore: The Williams and Wilkins Company.

[BPOM]. Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2008. Angka Lempeng Total (ALT).www.pom.go.id/ Diakses [14 Desember 2014].

Irianto A. 2003. Probiotik Akuakultur.Cetakan I.Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. 125 hal.

Rasika, C., Torane, Gayatri, S., Kamble,Swati, M., Devare, Usha, D., Phalgune, Nirmala, R., Deshpande., .2012. Isolation and characterisation of 1, 2 benzenedicarboxylic acid, bis (2 ethylhexyl) ester dioctyl phthalate, a bioactive compound from Ehretia laevis. Jof Pharma Research, 5(6), 3251-3252.

Soenardjo. 2003. Membudidayakan Rumput Laut. Balai Pustaka Semarang.

Teurupun A, Samuel M, Timbowo, Joyce. 2013. Identifikasi Kapang Pada Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) Kering Dari Desa Rap Rap Arakan Kecamatan Tatapan Kabupaten Minahasa Selatan. Universitas Sam Ratulangi. Perikanan dan Ilmu Kelautan. Manado. Vol 1(1). Hal (14-15).

Yulianto K. 2002., Pengamatan penyakit ice-ice dan alga kompetitor Fenomena kegagalan panen pada rumput laut di Pulau Pari dan Kabupaten Seribu. Tahun 2000 dan 2001. Pusat Penelitian Oseanografi Lipi. Jakarta. Hal 2-4.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v9i1.3332

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Apri Arisandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.