Analisis Pemilihan Supplier Gabah dengan Metode Analitycal Network Proces (ANP) (Studi kasus: Gudang Baru Bulog Gunung Gedangan, Mojokerto)

Marista Amyriki, Muhammad Fuad Fauzul Mu’amar, Sri Hastuti

Abstract

Pemilihan pemasok merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam sebuah industri. Pemilihan pemasok yang baik dan tepat dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kriteria dan subkriteria yang menjadi dasar pemilihan pemasok gabah dan mendapatkan alternatif pemasok gabah di GBB Gunung Gedangan, Mojokerto. Penentuan alternatif terbaik pada pemilihan pemasok gabah menggunakan metode Analitycal Network Process (ANP). Analisis kriteria terpilih pada penelitian ini didapatkan kriteria kualitas, kriteria pengiriman, kriteria fleksibilitas, kriteria responsibilitas dan kriteria service. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kualitas mendapatkan bobot paling tinggi sebesar 0,53355, kriteria service (0,26417), kriteria pengiriman (0,10358), kriteria responsibilitas (0,06164) dan kriteria fleksibilitas (0,03705). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif pemasok yang tepat untuk perusahaan adalah UD. Satriya Sugih Waras dengan nilai 0,59073, kemudian UD. Sari Alam (0,28194) dan UD. Arto Moro (0,12733).

References

Bulog. 2014. Sekilas Perusahaan.(Online).http://www.bulog.co.id/sekilas.php. Diakses tanggal 19 November 2014.

Fitriana, N. 2013. Analisis Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Dengan Metode Analytic Network Process (ANP) Dan Rating Scale (Studi Kasus Di PT. Erindo Mandiri Pasuruan). [Skripsi]. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Hidayati, J. 2012. Penerapan Analitycal Network Process (ANP) pada Sistem Pengukuran Kerja di Kebun Sidamanik Pematang Siantar. Jurnal Teknik Industri, 7(1):51-60.

Jannah, M., Fakhry, M. & Rakhmawati. 2013. Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process di PR Pahala Kencana. Jurnal Agrointek, 5(2):88-97.

Kurniawati, D., Yuliando, H. & Kuncoro, H.W. 2013. Kriteria Pemilihan Pemasok menggunakan ANP. Jurnal Teknik Industri, 15(1):25-32.

Lee, M-C. 2010. The Analytic Hierarchy and The Network Process in Multicriteria Decision Making: Performance Evaluation and Selecting Key Performance Indicators Based on ANP Model. Dalam M.Crisan (Ed). Convergence and Hybrid Information Technologie (hlm. 125-147). Vukovar, Croatia: Intech.

Prasetiyo, Y.T. 2002. Padi Sawah TOT (Tanpa Olah Tanah). Yogyakarta: Kanisius.

Purwono dan Heni, P. 2009. Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya

Puspitasari, A dan Udisubakti, C. 2011. Aplikasi Model Zero- One Programming, DEMATEl & ANP Untuk Optimasi Pemilihan Strategi Pemasaran. [Skripsi] Jurusan Teknik Industri. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Wibisono, Y.Y dan Kristi. 2013. Pemilihan Pemasok Dengan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus Di PT. AI). Makalah disajikan dalam Seminar Nasional IENACO, Jurusan Teknik Industri, Bandung.

Yulianti, M. 2013. Penerapan Metode Analitycal Network Process (ANP) dan Technique For Order Preference By Similarity To Idel Solution (TOPSIS) dalam Pemilihan Supplier. [Skripsi]. Jakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yoserizal,Y dan Moses. 2012. Integrasi Metode Dematel (Decision Making Trial And Evaluation Laboratory) Dan ANP (Analytic Network Process) Dalam Evaluasi Kinerja Supplier Di PT. XYZ. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XV. Program Studi MMT-ITS, Surabaya, 4 Februari.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v9i1.3322

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Marista Amyriki, Muhammad Fuad Fauzul Mu’amar, Sri Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.