RANCANG BANGUN M-LEARNING MENUJU PENGEMBANGAN RSBI DENGAN ARSITEKTUR PENDEKATAN LEARNING TECHNOLOGY SYSTEM ARCHITECTURE (LTSA)

Abdullah Basuki Rahmat

Abstract

Rintisan Sekolah Berstandard Internasional (RSBI) merupakan standar pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan pendidikan guna menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang bermutu, tetapi kurikulum internasional yang akan diadopsi itu memiliki standar yang harus dipenuhi oleh sekolah. Misalnya, kurikulum internasional itu sudah mengarah ke basis teknologi informasi. Oleh karena itu pihak sekolah RSBI perlu menyiapkan fasilitas sistem pembelajaran M-Learning sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah. M-learning atau Mobile learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning, materi belajar yang dapat diakses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik untuk meningkatkan belajar siswa. M-learning ini menunjang belajar mengajar secara online, memperlancar komunikasi, serta memberikan kemudahan dalam penyebaran ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem pembelajaran interaktif adalah drill and practice, tutorial, simulasi dan problem-solving. Sistem ini menggunakan pendekatan dengan standar teknologi, Learning Technology System Architecture (LTSA), yaitu sebuah standar internasional untuk penunjang sistem pembelajaran yang didukung oleh teknologi informasi. Aplikasi ini menggunakan layer 3 yang mendeskripsikan komponen dasar arsitektur pada LTSA. Standar ini dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Hasil penerapan sistem M-Learning ini di sekolah RSBI, proses turorial berjalan dengan efektif dan efisien, terjadi peningkatan frekuensi self drill and practice oleh siswa, evaluasi mata pelajaran melalui simulasi dan solving problem dapat berjalan lebih fleksibel tanpa harus offline di kelas dalam waktu yang bersamaan.

 

Kata Kunci: M-Learning, Learning Technology System Architecture(LTSA), RSBI

 

Abstract

 

Pioneering of International Standard School (RSBI) is a standard of education that is expected to improve the quality of education to produce qualified human resources, but that it will adopt an international curriculum standards that have to be met by the school. For example, the International curriculum is already leading to information technology base. Therefore, the school needs to prepare the facility RSBI M-Learning learning system in an effort to improve the quality of teaching and learning in schools. M-learning or mobile learning is a learning model that uses information and communication technology, the concept of learning is mobile learning, learning materials can be accessed at any time and visualization of interesting material to enhance student learning. M-learning support teaching and learning online, facilitate communication, and provide ease of dissemination of knowledge for the community luas. Metode used in the development of a learning system interaktif is drill and practice, tutorials, simulations and problem-solving. The system uses a standard approach to technology, Learning Technology Systems Architecture (LTSA), which is an international standard for supporting learning system supported by information technology. This application uses a 3 layer architecture describes the basic components of the LTSA, the standards issued by the Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). The results of the application of the M-Learning in schools RSBI, tutorial processes are operating effectively and efficiently, an increase in the frequency of self drill and practice by students, evaluation of subjects through simulations and problem solving can be more flexible without having to run offline in the classroom at the same time.

 

Key words: M-Learning, Learning Technology System Architecture (LTSA), RSBI.

Full Text:

PDF

References

Suharno Tri., Tantangan RSBI adalah mengubah Budaya Mengajar. Diakses pada tanggal 23 September 2010.

Suyanto, AH., 2005. Pengenalan e-Learning, . Diakses tanggal 3 Mei 2010.

Wahono, SR., 2003. Pengantar e-Learning dan pengembangannya, .Diakses pada tanggal 3 Mei 2010.

Afifuddin Andi., 2007. Penggunaan Metode e-Learning dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah pada Mata Pelajaran TIK Tingkat SMP, .Diakses pada tanggal 3 Mei 2010.

Wijaya S.W. Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Alternatif bagi Pemulihan Pendidikan di daerah Bencana Alam Gempa Bumi Yogyakarta. 1–4. 2007. . diakses pada tanggal 17 Juni 2010

Riyanto B., Tamimuddin M., Widayati S., Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Learning Berbasis Java. 2–3. 2000

Frank F., Joshua., LTSA Specification. 9- 11.1999.

Utami, RD., Roestam, R., Syarif, A. Aplikasi eDuCourse (Distance Learning) Mengadopsi Standar Learning Technology System Architecture (LTSA). 2006.

Empy E., Hartono Z., e-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset. 2005.

salahudin Hervin. Sistem Rekomendasi Bahan Ajar untuk e-Learning. 2006

Juju, D., dan Syukrie M. Jurus Jitu Web Master Freelance. Jakarta. Elex Media Komputindo. 7–8: 26–27. 2009

Muslich Mashur. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung: Bumi Aksara. 2008.

Basuki Dwi Sulistyo. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 21 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. 8–2007

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v4i2.2337

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Abdullah Basuki Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.