PENGEMBANGAN MODEL SIMULASI KOMPUTER SISTEM ANGKUTAN PENYEBERANGAN LAUT

Rima Tri Wahyuningrum

Abstract

Lama waktu entitas dalam sistem antrian ditentukan oleh waktu pelayanan dan waktu tunggu dalam angkutan penyeberangan merupakan waktu nonproduktif yang melibatkan kepentingan perusahaan angkutan penyeberangan dan kepentingan penumpang, karena waktu tunggu yang terlalu panjang akan mengurangi produktivitas bagi alat angkut maupun produktivitas kerja bagi penyeberang. Pada makalah ini digunakan pendekatan simulasi komputer untuk memodelkan sistem angkutan penyeberangan Kamal - Ujung Surabaya. Berdasarkan kriteria performansi minimasi lama entitas dalam sistem, pada model simulasi ini alternatif tindakan yang diusulkan adalah pengurangan batas kapasitas pick up resource. Hasil yang diperoleh dengan membandingan model as is dan model to be memberikan perbedaan yang siknifikan terhadap pengurangan rata-rata waktu entitas dalam sistem.

 

Kata kunci: sistem antrian, model, simulasi komputer, angkutan penyeberangan.

 

Abstract

Length time of entity in quieng system of transportation is determined by service time and waiting time within system is non-productive time, that are involving shipping company and costumer/defector need. Because long waiting times will reduces the productivity of transport vehicle and productivity for the defector. This paper discuses the develponment of computer simulation approach to modeling the transportation system for crossing Kamal - Ujung Surabaya. Based on the criteria of minimizing time entities in the system, this simulation model of the proposed action alternative is a reduction in resource capacity limit pickup. Results obtained by comparing the model as is and model to be providing a significant difference to reduces mean time entities in the system.

 

Keywords: quieng system, model, computer simulation, crossing tarnsportation.

Full Text:

PDF

References

[http:// www.suramadu.com.

Utomo, H.B., (1999), Optimasi Pengoperasian Pintu Tol, Jurnal Media Teknik, no. 4, vol. XXI, hal. 9–14.

Asmungi, (2006), Simulasi Komputer Sistem Diskrit, Penerbit Andi: Yogyakarta.

Harell., Ghosh., dan Bowden., (2004), Simulation using Promodel, McGraw-Hill: New York.

Sediono, W., dan Handoko, D., (2005), Pendekatan Simulasi dalam Mengoptimalkan Pengoperasian Gerbang Tol, Prosiding Semiloka Teknologi Simulasi dan Komputasi serta Aplikasinya, hal. 91–94

Hogan, B., dan Wojcik, L.A., (2004), Traffic Flow Management Modelling and Operational Complexity, Proceedings of the 2004 Winter Simulation Conference.

Syafe’i, H.M.Y, (2004), Analisis Pengaruh Perilaku Pengguna Busway Terhadap Kemacetan Lalu Lintas dan Dampaknya Terhadap Moda Transportasi Lainnya dengan Menggunakan System Dynamics, Jurnal Infomatek, vol. 6, no. 1, hal. 13–26.

Tunas, B., (2007), Memahami dan Memecahkan Masalah dengan Pendekatan Sistem, Nimas Mutiara: Jakarta.

Harell., Ghosh., dan Bowden., (2004), Simulation using Promodel, McGraw-Hill: New York.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v3i2.2297

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Rima Tri Wahyuningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.