KEPUASAN MAHASISWA S2 TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN JURUSAN TEKNIK INDUSTRI PTN X

Retno Indriartiningtias

Abstract

Sebagian besar universitas menawarkan suatu unit yang mendukung pendidikannya. Salah satu unit yang mendukung aktivitas tersebut adalah perpustakaan. Perpustakaan sebagai salah satu unit penyedia pendukung kegiatan perkuliahan hendaknya dapat menarik mahasiswa untuk menggunakan fasilitas yang ditawarkan. Tanpa ada ketertarikan dan kenyamanan mahasiwa untuk menggunakan fasilitas perpustakaan maka keberadaan perpustakaan tersebut akan menjadi hal yang sia- sia. Mahasiswa S2 yang berkumjumg pada perpustakaan Teknik Industri PTN X sangat kurang. Mereka lebih nyaman berkunjung pada perpustakaan pusat. Paper ini bertujuan untuk meneliti bagaimana penilaian dan keinginan mahasiswa S2 Teknik Industri terhadap fasilitas yang diberikan oleh perpustakaan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 25 orang mahasiswa S2 yang aktif. Metode yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner (metode Survei) dengan menggunakan dimensi Parasuraman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa semua gab variabel bernilai negatif, tiga variabel dengan nilai negatif tertinggi antara lain Better -1,65, Reliability -1,48, Faster -1,43 yang berarti mahasiswa S2 Teknik Industri PTN X masih kurang puas dengan fasilitas yang disediakan Perpustakaan Teknik Industri PTN X.

 

Kata kunci: perpustakaan, kepuasan pelanggan, perguruan tinggi

 

Abstract

Most universities offer a unit that supports education. One of the units that support these activities is the library. Library as one unit of activity classes, support providers should be able to attract students to use the facilities offered. Without the interest and convenience of students to use library facilities, the existence of these libraries will be futile. Graduated Students that visit Industrial Engineering library in PTN X is very lacking. They are more comfortable visiting the central library. This paper aims to examine how assessment and Graduated Students of Industrial Engineering desires of the facilities provided by the library. This study using a sample of 25 active graduated students. The method used was interviews and questionnaires (survey method) using Parasuraman dimension. Based on research result shows that all variables have negative gab value, the worst of variables are Better -1,65, Reliability -1,48, Faster -1,43, which means that graduated students of Industrial Engineering is still not satisfied with the facilities provided by the Library of Industrial Engineering in PTN X.

 

Keywords: libraries, customer catisfaction, higher education

 

Full Text:

PDF

References

Parasuraman, A., et al., 1990, “Delivering Quality Service – Balancing Customer Perception and Expectation”, Collier Macmillan Publisher: London.

Umar, H., 2005, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Miracle Aesthetic Clinic Balikpapan”, Universitas Jendral Soedirman: Purwokerto.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v3i1.2285

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Retno Indriartiningtias

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.