STUDI PENYEDIAAN PELUANG USAHA DENGAN MODAL TERBATAS MELALUI MEDIA INTERNET

Trisita Novianti, Abdullah Basuki Rahmat

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi perdagangan, transaksi, dan peredaran uang selama ini. Berbagai kemudahan yang ada mengakibatkan semakin berkembangnya electronic commerce (e-commerce). E-commerce menjadi semakin penting dengan adanya kemajuan di bidang telekomunikasi dan jaringan komputer yang terus berkelanjutan. Selain sebagai media informasi dan promosi, e-commerce juga memiliki kelebihan dengan daya jangkau yang luas serta biaya yang dibutuhkan terjangkau. Terdapat 20 buah alasan seseorang mengaplikasikan e-commerce. Ke 20 alasan tersebut dijadikan sebagai variabel penelitian yang melandasi pengaplikasian e-commerce. Setelah dilakukan analisis pemilihan variabel, terdapat 4 variabel yang tidak signifikan yaitu mempermudah transaksi, mengakses pasar global, meningkatkan keuntungan, dan modal tidak terlalu besar. Proses analisis faktor dilakukan pada 16 variabel yang tersisa dan dari proses analisis tersebut diperoleh 6 buah faktor baru antara lain Optimalisasi, Keberagaman Barang, Area Pemasaran, Perluasan Bisnis, Keberagaman Konsumen, serta Promosi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ke 6 faktor tersebut merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan implementasi bisnis menggunakan media e-commerce.

Keywords

electronic commerce (e-commerce); analisis faktor; metode delphi;

Full Text:

PDF

References

Almilia, L. S., & Robahi, L. 2007. Penerapan E-Commerce Sebagai Upaya Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan.

Anonim. 2011. http://aliakbarperbanas.blogspot.com/2008/12/-delphi-method_30.html (diakses pada 09 Juni 2011).

Anonim. 2011. http://id.wikipedia.org/wiki/Multikolinearitas (diakses pada 16 Desember 2011).

Anonim. 2011. http://sititp2009.wordpress.com/2010/01/03/metode-penelitian-experimen-semu-2/ (diakses pada 09 Juni 2011).

Anonim. 2011. http://tirman.wordpress.com/kuliah-ppap/ (diakses pada 09 Juni 2011).

Anonim. 2011. http://www.yipd.or.id/main/readnews/385 (diakses pada 16 April 2011).

Ardianto. R. 2010. All About Penelitian (Jenis Penelitian). http://reshaardianto.student.umm.ac.id/2010/02/04/all-about-penelitian/ (diakses pada 07 Desember 2011).

Azwar, S. 1996. Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi Belajar Edisi II. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Hair, Joseph F. Jr, et al, (1998). Multivariate Data Analysis. USA: Prentice Hall International. Inc.

Hadi, S. 1991. Analisis butir untuk instrumen angket, tes, dan skala nilai dengan BASICA. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Gozali, I. 2006. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.

Koufaris, M., & Sosa, W. H. 2004. The development of initial trust in an online company by new customers. Journal Information & Management.

Purbo, O. W., & Wahyudi, A. A. 2001. Mengenal eCommerce. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rofiq, A. 2007. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan e-commerce. Tesis .

Salati, D. 2008. Studi Pasar Produk Baru Menggunakan Metode Logit Biner (Kasus: WiMax). Tesis.

Santoso, S. 2010. analisis multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitien Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Yulimar, V. A., & Setiawan, A. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengabdosian electronic commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan. Journal IST AKPRIND Yogyakarta.

Simamora, B. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v5i2.2134

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Trisita Novianti, Abdullah Basuki Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.