SISTEM PENGUKURAN KINERJA PRODI DENGAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) DAN MULTI-ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) (STUDI KASUS: PRODI TEKNIK INFORMATIKA UTM)

Fika Hastarita Rachman, Budi Dwi Satoto

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan tolok ukur Perguruan Tinggi, sehingga perlu mengambil langkah-langkah prioritas dalam menyelesaikan permasalahan dan  meningkatkan kinerjanya. Peningkatan kinerja digunakan untuk penilaian akreditasi dan evaluasi diri institusi yang dilakukan terhadap Perguruan Tinggi. Sehingga penelitian ini akan melakukan pengukuran kinerja Program Studi (Prodi) dengan merancang sistem pengukuran kinerja (SPK) yang terintegrasi dengan metode IPMS (Integrated Performance Measurement Systems) dan MAUT (Multi-Attribute Utility Theory). Dengan metode IPMS, Key Performance Indicators (KPI). Prodi ditentukan berdasarkan stakeholder requirement dan identifikasi KPI yang dikelompokkan dalam  kriteria kinerja prodi yang terdiri: kurikulum, mahasiswa, finansial, SDM, administrasi akademik, proses pembelajaran, alumni, evaluasi dan pengendalian, serta external party. Dalam penelitian ini terdapat 9 kriteria umum dan 38 sub kriteria, untuk hasil pembobotan bobot terbesar adalah kriteria kurikulum yaitu 0.223 dan bobot yang terkecil adalah kriteria masyarakat yaitu 0.042. Untuk kriteria umum yang memperoleh bobot terbesar adalah kriteria kurikulum sebesar 0.223 dan bobot yang terkecil adalah kriteria masyarakat sebesar 0.042. Ini memberikan keterangan bahwa kriteria kurikulum lebih penting daripada kriteria-kriteria lainnya sedangkan tingkah kepentingan yang paling rendah adalah kriteria masyarakat. Dalam hasil akhir evaluasi kinerja program studi beberapa KPI yang sudah mencapai target yang diinginkan oleh program studi. Rata-rata scoring system dari KPI adalah 81.53% ini memberikan keterangan bahwa kinerja Program Studi Teknik Informatika Trunojoyo secara keseluruhan kinerjanya sudah baik, dengan skor terbesar adalah diatas 100%.

Keywords

sistem pengukuran kinerja; IPMS; Prodi Teknik Informatika; Key Performance Indicators; kualitas pendidikan;

Full Text:

PDF

References

Soehendro, B., 1996, Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang 1996-2005, Proyek Pengembangan Staf dan Sarana Perguruan Tinggi (PPS2PT).

Brodjonegoro, S., S, 2009, Beberapa Pemikiran dalam Rangka Peningkatan Mutu dan Daya Saing Perguruan Tinggi, Materi TIW, Universitas Brawijaya, Malang.

Universitas Trunojoyo, 2005, Rencana Strategis Universitas Trunojoyo 2005-2014.

Vanany I 2009. Performance Measurement Model dan Aplikasi (Cetakan ke-2 Revisi). Surabaya : ITS Press.

Suwignjo, P., 2000, “Sistem Pengukuran Kinerja: Sejarah Perkembangan dan Agenda Penelitian ke Depan”, Proceeding Seminar Nasional Performance Management, Bagian C, Hotel Wisata, Jakarta.

Fulop, Janos. 2005. Introduction to Decision Making Methods. Laboratory of Operation Research and Decision Systems: Computer and Automation Institute, Hungarian Academy of Sciences Turskis,Z., and Zavadskas, E.K. 2010.

Sadler, D.R. 2010. Formative Assessment and the Design of Instructional Systems. Student Assessment and testing, Volume 2. 2010. Sage Library of Educational Thought and Practice.

A Novel Method for Multiple Criteria Analysis: Grey Additive Ratio Assessment (ARAS-G) Method. INFORMATICA, 2010, Vol. 21, No. 4, 597–610. Vilnius University, Lithuania

Triyogi W., 2002, “Peningkatan Atmosfer Akademik di Jurusan Teknik Mesin FTI-ITS (Dampak Pelaksanaan Block Grant Project)”, Proceeding Seminar Nasional Pascasarjana II Peningkatan Kualitas Penelitian dan Pendidikan Pascasarjana, Gedung Pascasarjana ITS, Surabaya.

Saaty, T. L., 1991, Pengambilan Keputusan bagi-Para Pemimpin, PT. Pustaka Binaman Presindo, Jakarta, Indonesia.

Saaty, T.L.1988. Multicriteria Decision Making : The Analytic Hierarchy Process. University of Pittsburgh, RWS Publication, Pittsburgh

Expert Choice, Inc, 1995, Decision Support Software Tutorial Version 9.0, McLean.

M. Kautsar, dkk, 2011, Penyusunan Borang Akreditasi Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo

Indah A, dkk, 2012, Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo

Suryadi, K. dan Ramdhani, MA.1998. Sistem Pendukung Keputusan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

UML (Unified Model Languages), Syofware Rasional Rose, 2008

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v5i2.2133

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Fika Hastarita Rachman, Budi Dwi Satoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.