PENERAPAN POSTPONEMENT STRATEGY DALAM SUPPLY CHAIN UNTUK MENGHASILKAN PRODUK YANG MENGUTAMAKAN KEPUASAN KONSUMEN DAN MENINGKATKAN PROFIT PERUSAHAAN

Ayu Purnama Dewiningrum, Kinanti Restiannisa, Wahyudi Sutopo

Abstract

Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam persaingan pasar saat ini adalah kemampuan produsen untuk menghasilkan produk sesuai dengan keinginan dan spesifikasi tertentu dari konsumen tetapi dapat diproduksi secara masal sehingga biaya produksi rendah. Perusahaan harus mampu melakukan mass customization melalui  penundaaan pengerjaan diferensiasi produk pada titik akhir dalam rantai pasoknya dengan postponement strategy. Dengan menunda proses diferensiasi produk maka mata rantai produksi sebelum proses diferensiasi dapat dilakukan secara masal dan hanya proses akhir saja yang merupakan proses kustomisasi. Penerapan strategi ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan level of customization, pengurangan lead time, dan  menekan biaya persediaan serendah mungkin. Dengan strategi efisiensi ini, perusahaan-perusahaan dapat mewujudkan produk yang  yang diminta oleh konsumen secara spesifik sehingga harga jual lebih tinggi tetapi tetap dapat menjaga biaya produksi yang rendah. Artikel ini  membahas rancangan implementasi postponement strategy pada industri fashion. Pada industri tersebut, permintaan konsumen atas model dan desain adalah sangat beragam dan berubah dengan sangat cepat sehingga perusahaan yang tidak dapat mereposisi strategi produksinya tidak akan memiliki competitive advantage. Artikel ini memberikan rekomendasi awal kepada perusahaan fashion agar dapat mengadopsi dan menerapkan postponement strategy dalam supply chain pada industri fashion. Implementasi dari strategi ini diharapkan mampu mendukung industri kreatif Indonesia dalam memenangkan persaingan pasar.

Keywords

competitive advantage; kebutuhan konsumen; mass customization; postponement strategy;

Full Text:

PDF

References

Bulgak, A. A. dan Pawar, A. 2006. Analysis of Postponement Strategies in Supply chains. Istanbul: Istanbul Ticaret Universitesi Fen Bilimleri Dergisi.

Fridricksson, H.V. dan Gustafsson, A. 2006. Applying Postponement in the Retail Industry.

Graman G.A., dan Bukovinsky D.M. 2005. From Mass Production to Mass Customization: Postponement of Inventory Differentiation, Willey Periodicals Inc., pp. 61-65.

Hau, L. L., Billington, C. dan Carter, B. 1993. Hewlett-Packard Gains Control of Inventory and Service through Design for Localization. Interfaces, Vol 23, No. 4.

Kong dan Allan. 2007. More On Postponement Adapting Postponement to the Supply chain. Tersedia di: http://www.kongandallan.com. Diakses pada 20 Desember 2011.

Muzumdar, M., Colehower, J., Pertnat, A dan Matthews, P. 2003. The Adaptive Supply chain: Postponement for Profitability. APICS International Conference and Exposition.

Oracle Corporation and Cap Gemini Ernst &Young. 2003. The Adaptive Supply Chain: Postponement for Profitability.

Schulze, L. & Li, L. 2009. A Logistics Network Model for Postponement Supply chain. IAENG International Journal of Applied Mathematics , Vol. 39, No. 2.

Siagian, Y. M. 2004. Aplikasi Supply Chain Management dalam Dunia Bisnis. Jakarta: Grasindo.

Silveira G.D., Borenstein D., Fogliatto F.S. 2001, Mass Customization: Literature Review and Research Directions, International Journal of Production Economics, Vol. 72.

Wan, J. 2006. Postponement Strategy in Supply Chain Management, March 22.

Zinn, W., & D, J. Bowersox. 1988. Planning Physical Distribution with The Principle of Postponement. Journal of Business Logistics, 9(2) , 117.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v5i1.2107

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ayu Purnama Dewiningrum, Kinanti Restiannisa, Wahyudi Sutopo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.