PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM JEMBATAN WHEATSTONE MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

Fatimatul Munawaroh, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum menggunakan program macromedia flash 8 serta mengetahui kelayakan modul praktikum yang telah dibuat. Adapun metode pengembangan modul praktikum yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (produksi), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Manfaat penelitian adalah: (1) menghasilkan  CD  modul praktikum jembatan wheatstone menggunakan program macromedia flash 8; 2) menghasilkan modul praktikum berbasis animasi komputer yang dapat dijadikan sebagai modul dalam dalam pelaksanaan proses praktikum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul praktikum Fisika I percobaan  jembatan wheatstone menggunakan program macromedia flash 8 telah memenuhi syarat kelayakan melalui pengujian ahli media dengan persentase 78,46% termasuk dalam kategori baik, pengujian ahli materi dengan persentase 91,25% termasuk dalam kategori sangat baik, pengujian asisten dan laboran dengan persentase 84,13% termasuk dalam kategori sangat baik dan pengujian mahasiswa dengan persentase 84,67% termasuk dalam kategori sangat baik. Maka dari hasil pengujian tersebut, modul praktikum yang dikembangkan layak dijadikan sebagai modul praktikum Fisika 1 percobaan  jembatan wheatstone.

Keywords

modul praktikum; jembatan Wheatstone; macromedia flash 8

Full Text:

PDF

References

Chinwe Nwagbo, dkk. 2008. Effects of Biology Practical Activities on Students’ Process Skill Acquisition. Nigeria: Journal Science Teachers’ Association of Nigeria (JSTAN). Diakses dari stanonline.org/.../JSTAN-Chinwe&Chukelu% tanggal 19 Juni 2011 pukul 14.10

Depdiknas. (2003a). Pedoman penulisan modul. Jakarta: Direktorat PLP, Ditjen Dikdasmen, Depdiknas.

Eko Risdiyanto. 2008. “Pengembangan Multimedia Interaktif (MPI) Pada Praktikum Fisika Dasar 1”. Jurnal Exacta vol VI no 2 Desember 2008 ISSN 14123617

Herbert Druxes, Fritz Siemsien, Dan Gernor Born. 1986. Kompendium Didaktik Fisika. (diterjemahan oleh: Soeparmo). Bandung: Remaja Karya.

Kristiningrum. 2007. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 Pada Materi Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Skripsi. Semarang: Unnes.

Meyer, R. (1978). Designing learning modules for inservise teacher education. Australia: Centre of Advancement of Teaching.

Mulyanta dan Leong, 2009. Tutorial Membangun multimedia Interaktif Media Pembelajatan. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Russell, James, D. (1973). Modular instruction : A Guide to the Design, Selection, utilization and Evaluation of Modular Materials. Minnesota : Burgess Publishing Comp.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Smaldino, Sharon E., et al. 2005. Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey: Pearson

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Vembriarto. (1985). Pengantar pengajaran modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v8i2.2059

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Fatimatul Munawaroh, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.