BLACK FEMINIST SPIRIT AGAINST RACISM AND SEXISM AS REFLECTED IN SULA

Stella Rose Que

Abstract


Kajian ini diarahkan pada analisis dari suatu karya sastra bertemakan kritik sosial yang ditulis oleh Toni Morrison dengan judul Sula. Novel ini menggambarkan kondisi sosial masyarakat kulit hitam di Amerika pada awal abad XX. Saat itu masyarakat kulit hitam harus menghadapi diskriminasi rasial dalam berbagai bentuk, serta kondisi sosial kaum wanita kulit hitam yang harus menghadapi dua bentuk diskriminasi yaitu diskriminasi rasial dan diskriminasi seksual. Kajian ini membahas tentang diskriminasi rasial yang menimpa kaum kulit hitam di Bottom, diskriminasi seksual oleh kaum pria kulit hitam terhadap kaum wanita, nilai-nilai patriarkal yang menindas wanita kulit hitam, dan bagaimana karakter Sula Peace serta semangatnya yang merepresentasikan seorang black feminist dalam menghadapi rasisme dan seksisme.

Dari analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa diskriminasi rasial telah membuat masyarakat kulit hitam menderita selama berabad-abad, mereka tidak dapat berbuat apa-apa terhadap dominasi kaum kulit putih. Sedangkan diskriminasi seksual dalam bentuk nilai-nilai patriarkal telah membuat wanita berada dalam kepasrahan, selalu bergantung pada pria. Sula membuat terobosan dalam kehidupannya dengan menolak semua jenis diskriminasi, baik seksual maupun rasial.


Keywords


karakter; black feminist; rasism; seksism; diskriminasi

References


Afshar, Haleh, and Mary Maynard. The Dynamics of ‘Race’ and Gender. Some Feminist Interventions. London: Taylor & Francis, 1995.

Bogdan, Robert C., and Sari Knopp Biklen. Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory and Method. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc., 1982.

Boles, Mike. “Martin Luther King, Jr.” The Civil Rights Movement, an American Memory. 17 November 2002. April 15, 2008. .

Chafe, William H. The American Woman: Her Changing Social, Economic, and Political Roles, 1920-1970. New York: Oxford University Press, 1976.

Harley, Sharon and Rosalyn Terborg – Penn, editors. The Afro-American Woman: Struggles and images. Port Washington: National University Publications, 1978.

Hooks, Bell. Ain’t I a Woman: Black Women and Feminism. Boston: South End Press, 1981.

Morrison, Toni. SULA. New York: Bantam Book, 1973.

Thernstrom, Stephan and Abigail Thernstrom. America in Black and White: One Nation, Indivisible. New York: A Touchstone Book, 1997.

Tuttle, Lisa. Encyclopedia of Feminism. London: Arrow Books, Ltd., 1987.

Walker, Alice. In Search of Our Mother´s Gardens. Orlando: Harcourt, 1983




DOI: https://doi.org/10.21107/prosodi.v4i1.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Stella Rose Que

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 width=  width=  width=   width=  width=  width=  width=

Publisher

Department of English
University of Trunojoyo, Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

 

Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra

ISSN: 1907-6665 (Print) ISSN: 2622-0474 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at journal.trunojoyo.ac.id