Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Melalui Bermain Dengan Media Stick Angka

Very awan

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak didik melalui melalui bermain dengan media stick angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir simbolik anak didik kelompok B TK Islam Al Jihad meningkat setelah menggunakan media stick angka. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Islam Al Jihad Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan II siklus dengan 4 perlakuan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang didapatkan dianalisis melalui dua teknik analisis data, yakni teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menyebutkan lambang bilangan, menghitung, menghubungkan gambar sesuai dengan lambang bilangan. Hasil penelitian pada sebelum siklus I dari 15 anak didik, hanya terdapat 20% anak didik yang mencapai indikator keberhasilan, kemudian setelah dilakukan perlakuan tindakan pada siklus I, dari 15 anak didik yang mencapai indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu (BSH) berkembang sesuai harapan yaitu 47%. Pada siklus II, dari 15 anak didik yang mencapai indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu (BSH) berkembang sesuai harapan yaitu 93%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bermain dengan media stick angka dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak dalam mengenal lambang bilangan. 


Keywords


Berpikir Simbolik, Bermain, Media Stick Angka

Full Text:

PDF

References


Abubakar, S. R., Pabunga, D. B., Rahayu, E., Hijau, K., & Tridharma, B. (2018). PENGGUNAAN MEDIA STIK ANGKA BERWARNA DALAM. 1(1), 250–258.

Amiran, S. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Di Paud Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12367

Astuti, H. P. (2013). Smart Parenting: Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Kreativitas Anak Di Kelurahan Banjarjo, Boja, Kendal. Rekayasa, 11(2), 117–126. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v11i2.10317

Ayu, G., Wulan, N., & Priatna, D. (2011). Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka.

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358

Farhurohman, O. (2017). Hakekat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 2(1), 27–36.

Gandana, G., Pranata, O. H., & Yulia Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7160

Hardiyanti, L., Sasmiati, & Sabdaningtyas, L. (2018). Penggunaan Mediadan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini. 39(4), 274–287.

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nuryani, W. (2020). Hubungan antara Kegiatan Usap Abur dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2), 65–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9730

Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Veryawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats